PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan Eksperimen post-test only control group design. Eksperimen yang dilaksanakan dengan member perlakuan terhadap dua kelompok yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas control. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan sebanyak 323 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama maka peneliti mengunjuk dua kelas untuk menjadi sampel penelitian, 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Picture and Picture = 78,38, standar deviasi=8.20, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 29,4%, kategori baik sebanyak 58,8% dan kategori cukup sebanyak 11,7%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Ekspositori= 67,20, standar deviasi=8,68 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 5,88%, kategori baik sebanyak 41,17%, kategori cukup sebanyak 52,94%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,40, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,00 pada taraf signifikasn 5% dk=(N1+N2)-2=66. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,40>2,00 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Kata kunci: Pengaruh, Picture and Picture, Teks Deskripsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i4.1464
Article Metrics
Abstract view : 351 timesPDF - 222 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Ira Widyawati Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.