PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 404 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas XI PMS 6 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 60,00 dengan kategori kurang dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 82,77 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,159< 0,161), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,131< 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,11<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 7,87> 2,045, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19693
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nabilah Ananda Rangkuti, Fitriani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.