EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULEAD VIDEO STUDIO DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PEMATANG SIANTAR

Emi Fitry Yani Sembiring, Diah Eka Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivan media pembelajaran Ulead Video Studio dalam mengidentifikasi informasti teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 210 siswa.Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-7 yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-4 yang berjumlah 25 siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen.Desain penelitian yang digunakan ialan two group posttest design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata = 74,6 dan standar deviasi = 7,95. Sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata = 91,2 dan standar deviasi = 11,7. Dari uji data posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data posttest kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel (0.0043< 0.173) dan data posttest kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1092< 0,173). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok homogen yaitu < 1,47< 1,96. setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 6.62. Selanjutnya  dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf 5% dengan df= 24, maka diperoleh sebesar 2.06. Oleh karena itu  yang diperoleh lebih besar dari  yaitu 6.62>2.06, maka diterima.Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran Ulead Video Studio efektif digunakan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19694

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Emi Fitry Yani Sembiring, Diah Eka Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.