HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK YAPERJASA

Ida Rufaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan hubungan minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Yaperjasa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasional. Peneliti menentukan sampel dengan teknik simple random sampling. Sampelnya yaitu 50 siswa. Angket minat membaca berbentuk skala likert. Tes objektif kemampuan membaca pemahaman bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami sebuah wacana. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman kelas X SMK Yaperjasa. Data minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman berdistribusi normal. Hasil penelitian dibuktikan dengan hasil uji-t dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh  = 4,31 dan  = 1,677. Hasilnya  ≥   atau 4,31 ≥  1,677 maka signifikan. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan koefisien korelasi 0,48. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,48 berada pada tingkat sedang. Hasil dari uji determinasi menunjukkan bahwa pengaruh nilai minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman  sebesar 23% dan sisanya 77% dipengaruhi oleh variabel lain. Disimpulkan bahwa antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman atau pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Yaperjasa terdapat  hubungan positif dan signifikan.


Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, Soenjono, 2014, Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia, Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Djiwandono, Soenardi, 2008, Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa, Jakarta, PT Indeks.

Irwansyah, Nur dan Mukhtar, 2013, Buku Mata Kuliah Membaca, Tangerang, Pustaka Mandiri.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2008, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Kunarto, Niknik M, 2011, Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir, Jakarta, Mitra Wacana Media.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Soedarso, 2004, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Syamsuddin dan Vismaia S, Damaianti, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Tampubolon, 2015, Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif dan Efisien, Bandung, Angkasa

Tarigan, Henry Guntur, 2008, Membaca, Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.21619

Article Metrics

Abstract view : 646 times
PDF - 969 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ida Rufaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.