AJARAN MORAL DAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA NUSANTARA SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SD

Aster Pujaning Ati, Mu'thia Mubasyira, Loecita Sandiar, Sigit Widiyarto, Subhan Harie

Abstract




Pada saat siswa membaca sebuah buku cerita, tentunya ada banyak nilai – nilai yang terkandung dalam sebah cerita. Pemahaman siswa dalam membca sangatlah menentukan untuk diambil ajaran dan karakter yang ada dalam buku tersebut. Data penelitian yang diambil adalah buku cerita nusantara sebanyak lima cerita rakyat nusantara. Dalam ajaran moral dan karakter penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendektan menggunakan analisis deskriptif (menceritakan apa yang sudah dibaca). Dengan cara membaca buku-buku nusantara yang sedang diteliti, untuk mendapatkan hasil analisis mengenai cerita tersebut lalu dituangkan dalam bentuk tulisan. Teknik analisis data dengan pemilahan pesan dalam kalimat berdasarkan nilai pendidikan karakter yang ada dalam cerita. Data yang sudah diolah divalidasi  hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita-cerita nusantara merupakan cerita turun menurun yang sudah digunakan oleh para leluhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat  11 ajaran moral pada teks buku cerita nusantara, diantaranya adalah, mau meminta maaf sebanyak 4, kepasrahan, mau menerima takdir, mau mengkoreksi diri, bersyukur, sayang,  berani, tegar, berprasangka baik dan bertutur kata halus.




Full Text:

PDF

References


Ati, A. P., & Widiyarto, S. Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca dan

Menulis Pada Siswa Smp Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105-113.

Hadi, S., Puspita, F., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Penyuluhan dan pembelajaran

karakter melalui pelaksanaan idul adha pada siswa SMA. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 205-210.

Herlina d.S,Setiawan B,Adikara,G.J (2018) Digital Parenting:Mendidik anak di era

digital, Yogyakarta : Samudra Biru

Kuratul, A. (2019). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Anak Pada Buku Siswa

Kelas V Untuk Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Sumenep).

Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual dalam

Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11-18.

Nurmala, S. (2020). Nilai Moral Cerita Rakyat Dalam Buku Cerita

Daerah Sulawesi Tenggara. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 5(1), 45-56.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak; Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Rosadi, N., & Widiyarto, S. (2020). Character Development for Class IX Students

through Critical Reading Activities at MTs Nurul Hikmah and Driewanti Middle School Bekasi, West Java. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8-12.

Widiyarto, S., & Sartono, L. N. (2020). Analisis nilai pendidikan karakter dan moral film

koala kumal. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 9(2), 50-53.

Wulansari, L., Cleopara, M., Sahrazad, S., Sartono, L. N., & Widiyarto, S. (2020).

Penyuluhan Pendidikan Karakter Kepada Para Guru Smp Kota Bekasi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 447-451.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23383

Article Metrics

Abstract view : 705 times
PDF - 654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aster Pujaning Ati, Mu'thia Mubasyira, Loecita Sandiar, Sigit Widiyarto, Subhan Harie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.