INTEGRASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING GURU BAHASA INDONESIA

Vina Aditama, Dini Restiyanti Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi technological pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perangkat pembelajaran daring guru bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi technological pedagogical content knowledge (TPACK) dikelompokkan menjadi 4 bagian yang meliputi (1) integrasi technological knowledge (TK), (2) integrasi pedagogical knowledge (PK), (3) integrasi content knowledge (CK), dan (4) integrasi technological pedagogical content knowledge (TPCK).

 

Kata kunci: TPACK, Perangkat Pembelajaran Daring, dan Guru Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, Putri. 2015. Pengembangan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Melalui Simulasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1):1-15.

Ariani, Dessy Noor. 2015. Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dengan Technology Integration Self Efficacy Guru Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1):79-91.

Bayuaji, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Pembelajaran Fisika. Jurnal Pijar MIPA, 12(1):15-18.

Bulan dan Husniyatus. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1):16-34.

Busyra dan Lutfiah. 2020. Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1):1-18.

Fauziah, dkk. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC, 9(2):165-178.

Fitriani, dkk. 2017. Kompetensi Profesional Guru dalam pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(2):88-95.

Hilmi, dkk. 2020. Tahap Pengetahuan Guru Bahasa Arab dalam Melaksanakan Kelas Terbalik. MJSSH Online, 4(3):50-67.

Kuka, Udin. 2017. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan, 15(1):643-649.

Maolana, Asep Dimyadi. (2018). “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui In House Training”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5):953-969.

Muspawi, Mohamad. (2014). “Profesionalitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi”. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17(1):57-62.

Nervita, dkk. 2020. Analisis Kompetensi TPACK Guru Melalui Media Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2):203-217.

Permatasari, Diah Ayu. 2020. Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 2(1):272-278.

Prasetyo, dkk. 2019. Pengaruh Literasi TIK Terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru. Jurnal Pendidikan, 6(1):13-20.

Pulungtana 2020. Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(1):146-155.

Putrayasa, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1):1-11.

Rosyid, Abdul. 2016. Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era Mea. : Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, hlm.450-460.

Setiawati, Wiwik. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru Kimia SMA dalam Merencanakan Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Jenjang SMA Tahun 2016. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 11(1):133-146.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.26621

Article Metrics

Abstract view : 1097 times
PDF - 1019 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vina Aditama, Dini Restiyanti Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.