Analisis Struktural dalam Kumpulan puisi "Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus"karya Chairil Anwar serta Relevansinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMA

Khomsatun Yuliatun, Yusra D, Agus Salim

Abstract


P

Penenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur pembangun puisi dalam kumpulan “Kerikil Tajam dan Yaang Terampas dan Yang Putus” Karya Chairil Anwar Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Data penelitian ini adalah berupa kata, kutipan dan kalimat dalam kumpulan tersebut. Sumber data penelitian ini adalah buku kumpulan  Puisi Kerikil Tajam dan Yang Terhempas dan Yang Putus karya Chairil Anwar yang diterbitan pada tahun 2020 oleh penerbit NARASI. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, wawancara, dokumentasi, dan melakukan teknik pembacaan terpadu secara komprehensif terhadap objek kajian yaitu 43 judul puisi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Dari hasil penelitian, 43 puisi dalam kumpulan ini dapat digunakan sebagai bahan ajar, karena unsur pembangun yang terdapat di dalam kumpulan puisi karya Chairil Anwar cukup lengkap,yaitu duksi, citraan, kata konkret, majas, verifikasi, tipografi, tema, nada, perasaan, dan amanat. Kelengkapan unsur pembangun dalam puisi  menjadi berpengaruh dalam pemilihan bahan ajar oleh pendidik, karena dalam KD 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi terdapat indikator yang mengharuskan peserta didik untuk mampu memahami dan menganalisis unsur pembangun dalam puisi, kemudian berdasarkan tingkat kesulitan, puisi karya Chairil Anwar tidak begitu sulit, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bahasa Indonesia kelas X,  bahasa yang digunakan penyair  dalam kumpulan puisi ini dapat dipahami oleh pembaca sehingga layak dijadikan pertimbangan oleh pendidik dalam pemilihan bahan ajar di SMA.

 

Kata Kunci: Struktur puisi, pembelajaran Bahasa Indonesia, SMA


Full Text:

PDF

References


Dewi, Y., & Mikaresti, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pikir bareng dan Berbagi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 116-128.

Yusra, D., Salim, A., & Rasdawita. 2021. Presepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Multimedia 3D Flipbook dalam Pembelajaran Puisi di Masa Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2).

Hamid, D.A., & Mascita, D.E. (2019). Kajian Puisi dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Pendekatan Inkuiri. Jurnal Tuturan, 8(1), 11-18.

Pradopo, Rachmat D. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yusra, D., Salim, A., & Rasdawita. 2021. Mengenal Puisi. Jambi: Unja Publisher.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS UNP Press Padang.

Damaika, S. 2020. Chairil Anwar Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus. Yogyakarta: NARASI.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33082

Article Metrics

Abstract view : 466 times
PDF - 875 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khomsatun Yuliatun, Yusra D, Agus Salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.