Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Medan
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat dan pengetahuan siswa dalam menulis teks deskripsi, pembelajaran menulis teks deskripsi dianggap membosankan bagi siswa, serta model yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kurang bervariasi. Maka dari itu dibutuhkan model pembelajaran yang efektif yaitu Prediction Guide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Prediction Guide terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu 334 siswa yang tersebar pada 11 kelas. Sampel yang diambil yaitu kelas VII-6 sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen One-Group Pre-test Post-test Design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata=58,47 ; standar deviasi= 16,89 ; standar error= 3,08, dan tergolong kategori kurang. Sedangkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata=87,1 ; standar deviasi= 11,40 ; standar error= 2,08 ; dan tergolong kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 8,04; dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk=30 yaitu 1,697. Hal itu berarti nilai thitung (8,04) > ttabel (1,697), dan hipotesis penelitian atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Prediction Guide berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII SMPN 4 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Kata kunci: Pengaruh, Prediction Guide, teks deskripsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37058
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 256 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Nurhasanah Tria Ningsih, Inayah Hanum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.