Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal

Inka Krisma Melati, Daroe Iswatiningsih, Arif Budi Wurianto

Abstract


B

Penelitian ini bertujuan untuk [1] mendeskripsikan pendekatan komunikatif-kontekstual untuk pembelajaran BIPA, [2] menjelaskan kearifan lokal sebagai sumber bahan pembelajaran BIPA, dan [3] menjelaskan implementasi pendekatan komunikatif-kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Sumber data penelitian ini berupa buku dan artikel jurnal. Pengumpulan data penelitian dengan cara mengumpulkan sumber data, memperdalam pengetahuan tentang topik permasalahan dan bidang strategi pembelajaran BIPA, pendekatan komunikatif-kontekstual, dan kearifan lokal. Analisis data menggunakan analisis komparasi. Validasi keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pendekatan komunikatif-kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran BIPA. Pengaplikasian pendekatan komunikatif-kontekstual dapat menambah bendahara kosa kata yang dimiliki oleh pemelajar BIPA. Selain itu, pengenalan kearifan lokal kepada pemelajar asing juga mendapatkan poin tersendiri yang mampu membangun suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan pemelajar BIPA juga mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.


Full Text:

PDF

References


Anggaira, A. S. (2019). Literasi Terkini dalam Pembelajaran BIPA pada Era Revolusi Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 29–39. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2511/2322

Fitriani, R. S. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Saintifik Menggunakan Alat Peraga E Pen Interaktif dengan Muatan Kearifan Lokal pada Era Industri 4.0 untuk Pengajaran BIPA di Uninus. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 40. https://doi.org/10.33603/dj.v6i2.2187

Hidayati, N. A., & Hariyadi, A. (2020). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Budaya Kearifan Lokal sebagai Bentuk Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia (Turnitin). … Bip Di Era …. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1437

Istanti, W. (2017). Strategi Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara dengan Metode Bermain Peran Menjadi Presenter TV bagi Mahasiswa Level C1. PIBSI XXXIX, Semarang 7-8 November 2017, November, 642–651.

Jazeri, M. (2016). Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual Bagi Mahasiswa Asing. Litera, 15(2), 217–226. https://doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11824

Junaidi, F., Andhira, R., Mustopa, E., S-, M., & Belakang, L. (2017). Implementasi pembelajaran bipa berbasis budaya sebagai strategi menghadapi mea. The 1st Education and Language International Conference, 317–324.

Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstualkomunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1015

Surip. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH SASTRA NUSANTARA BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUMATERA UTARA DI PRODI SASTRA INDONESIA. 11(1), 9–25.

Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 0812178003, 55–70.

Utami, N. (2021). Analisis Strukturalisme Teks Drama Jaka Tarub Dan 7 Bidadari Karya Akhudiat. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 199. https://doi.org/10.30651/lf.v5i2.5475

Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 03(02), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37351

Article Metrics

Abstract view : 1326 times
PDF - 734 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Inka Krisma Melati, Daroe Iswatiningsih, Arif Budi Wurianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.