PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKSSISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHETAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe sebanyak 192 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang.Metode yang digunakan adalah metode deskripsi koresional. Data kebiasaan membaca dijaring dengan menggunakan angket sebanyak 38 soal. Data kemampuan menulis teks prosedur kompleks dijaring dengan menggunakan tes perbuatan.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian.Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal, linier, dan berarti.Hasil perhitungan dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment pada taraf signifikan α 0.05 menujukkan nilai rhitung > rtabel yakni 0.857 > 0.349, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016.Adanya hubungan yang signifikan pemahaman steruktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks maka dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) diterima.
Kata Kunci: Struktur, Ciri Kebahasaan, Menulis, Teks Prosedur Kompleks.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i3.4390
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Hot Seri Yanti Br L, Drs. Basyaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.