Persepsi Guru dan Siswa mengenai Industri Kreatif Berbasis Bahasa dan Sastra Indonesia
Abstract
Kemajuan zaman dan teknologi yang syarat akan kreatifitas menjadi babak baru bagi perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Pembelajan Bahasa Indonesia dalam kelas yang baik adalah pembelajaran yang beroientasi jangka panjang untuk menerapkan hasil pembelajaran di luar kelas. Industri kreatif dapat menjadi arena penerapan bahasa dan sastra untuk memperoleh manfaat, baik keuntungan maupun bagi lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualtitatif dengan bentuk studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian adalah persepsi guru Bahasa Indonesia dan siswa. Sumber data dari penelitian adalah informan, dokumen, dan kegiatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Persepsi guru Bahasa Indonesia mengenai Industri kreatif berbasis bahasa dan sasrtra yaitu industri yang memadukan keterampilan berbahasa dan sastra serta inovasi dan kreativitas untuk masuk dalam dunia industri guna memperoleh nilai manfaatnya. Sedangkan persepsis siswa adalah sebagai kreativitas yang diterapkan dalam dunia bahasa dan sastra untuk masuk dalam ranah industri yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Persepsi mengenai industri kreatif berbasis bahasa dan sastra penting diketahui untuk membuka mata masyarakat mengenai pentingnya bahasa dan sastra Indonesia serta peluang memperoleh manfaat dalam penggunaannya.
Kata kunci: Persepsi, industri kreatif, bahasa dan sastra, guru, siswa
Full Text:
PDFReferences
Candra, W., Harini, D. A., & Sumirta, N. (2017). Psikologi Landasan Keilmuan Praktik
Keperawatan Jiwa. Denpasar: ANDI.
Damono, S. D. (2018). Kesusastraan dan Industri Kreatif. Jurnal Urban, 2(1), 3-8. doi:
https://doi.org/10.52969/jsu.v2i1.41
Departemen of Culture, M. a. (1998). Creative Industries Mapping Document. London:
DCMS.
Hindun. (2018). Sikap Bahasa dan NIlai Ekonomi Kreatif dalam "Modern Moms". ICCALL (the 2nd International Conference on Culture, Art, Language, and
Literature). Bandung: UIN Sunan Gunung Jati. Retrieved from
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44657
Mineri, N. C. (2022). Media Industri Kreatif Sastra dalam Laman Youtube "Riri Cerita
Anak Interaktif". Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni. 2, pp.
-188. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Retrieved Januari 10, 2023, from
https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/31271
Nasirudin, S. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Industri Kreatif. Seminar
Nasional Dies Natalis UNM ke-57, 359-370. Retrieved September 3, 2022, from
http://eprints.unm.ac.id/11327/
Priyanti, E. T. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Bumi Aksara.
Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Prentice Hall: Fifteenth
Edition.
Ruslan, R., & Salam. (2022). Bahasa Pemikat Hati Pelanggan: Krativitas Bahasa dalam
Industri Kreatif. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia, 2(1), 18-30. Retrieved September 10, 2022, from
https://ojs.unm.ac.id/titikdua/article/view/25364
Sufanti, M. (2014). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugono, D. (2014). Peran dan Kekuatan Bahasa Indonesia dalam Idustri Kreatif
Kebahasaan. Jakarta: Badan Pengembanagn dan Pembinaan Bahada
Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutarto, A. (2014). Bahasa, Sastra, Zaman Edan, dan Industri Kreatif. Literasi, 4(2),
-150. Retrieved September 3, 2022, from
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/view/6264
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitia Kualitatif: Teori dan penerapannya dalam
penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suwandi, S. (2018). Pendidikan Literasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syukron, A. (2017). Arah Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis
Industri Kreatif dan Industri Budaya di Era GLobal. Jember: Universitas
Jember. Retrieved 10 2022
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i2.44775
Article Metrics
Abstract view : 197 timesPDF - 295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aji Santoso, Sarwiji Suwandi, Sugit Zulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.