DESAIN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PERSPEKTIF MULTIDIMENSI PADA MATA KULIAH APRESIASI DAN KRITIK SASTRA INDONESIA

Atika Wasilah, Safinatul Hasanah Harahap, Achmad Yuhdi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya kemampuan mahasiswa angkatan 2022 dalam mengapresiasi dan mengkritik karya sastra Indonesia di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unimed. Sebagaimana diketahui bahwa apresiasi dan kritik sastra merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan kemampuan afektif, memahami nilai-nilai, sekaligus berupaya memetakan pola dan tata nilai yang diperoleh dari karya sastra yang diapresiasi ke dalam proporsi yang sesuai dengan konteks persoalannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah desain pembelajaran yang dapat memfasilitasi sekaligus meningkatkan kemampuan apresiasi dan kritik sastra mahasiswa. Kemampuan tersebut akan ditingkatkan melalui pembelajaran sastra dengan perspektif multidimensional. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan, dan 2) menguji kelayakan model pembelajaran perspektif multidimensional dalam pembelajaran apresiasi dan kritik sastra. Penelitian ini menggunakan metode reseacrh and development (r&d) dengan model 4-D. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa proses penelitian disusun dengan berdasarkan tahapan pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Kelayakan model pembelajaran sastra dengan perspektif multidimensional sudah memenuhi kriteria kelayakan “sangat layak” dan keterangan catataan “tidak perlu revisi” sesuai dengan hasil penilaian validasi ahli desain model pembelajaran sebesar 91,25%. Sedangkan untuk hasil uji coba apresiasi sastra mahasisa diperoleh nilai rata-rata 75,78% dengan kategori “baik” dalam standar penilaian kemampuan apresiasi sastra. Oleh karena itu, dapat disimpulkan model pembelajaran sastra dengan perspektif multidimensional valid dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan apresiasi dan kritik sastra mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Unimed Angkatan 2022.


Full Text:

PDF

References


Aliyah, Yoce. 2006. “Penerapan Model Analisis Wacana Kritis dalam Kajian Cerpen Berideologi Gender untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Wacana Mahasiswa”. Disertasi. Bandung: PPS UPI.

Anjani, F., Supeno, S., & Subiki, S. (2020). Kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA dalam pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing disertai diagram berpikir multidimensi. Lantanida Journal, 8(1), 13-28.

Ariyana, A., Purawinangun, I. A., & Rojudin, R. (2022). Evaluasi Pembelajaran Sastra Sebagai Alternatif Peningkatan Belajar di Sekolah. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 23-30.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Fuadina, Z. N., Supeno, S., Ahmad, N., & Sugihartoko, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN DIAGRAM BERPIKIR MULTIDIMENSI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 102-110.

Halilah, R., Nurelide. (2019). Kemampuan Apresiasi Sastra Siswa SMA di Kota Medan. Jurnal Medan Makna. Vol XVII (2), hal 171-179

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 310-318.

Lubis, F., Yudhi, A.,Wasilah, A. (2020). Apresiasi dan Kritik Sastra Indonesia. Medan: Obelia Publisher

Laili, Y. R., Putriani, I., & Widiastuti, S. (2021). Pengembangan E-book Interaktif Taksi (Cerita Fiksi) sebagai Media Keterampilan Apresiasi Sastra Development of Interactive E-book Taksi (Fiction Story) As a Media of Literary Appreciation Skills.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (99-104).

Nugraha, D. (2021). Pembelajaran Sastra di Sekolah: Sebelum, Selama, dan Sesudah Pandemi (Literature Learning in School: Before, During, and After the Pandemic). Jurnal Ilmiah Didaktika, 22(1), 37–62.

Nurhayatin, Titin (2011) Efektivitas Model Pembelajaran Membaca Prosa Fiksi Dengan Pendekatan Estetika Resepsi. Dalam Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pujiastuti, R., & Kulup, L. I. (2021). Penyusunan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS Melalui Problem Based Learning dan Peer Assessment. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 88-105.

Pradopo, R. D. 1994. Penelitian Sastra dengan Pendekatan Semiotik dalam Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta. Masyarakat Poetika Indonesia. IKIP Muhammadiyah Yogyakarta

Pradopo. R. D. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.

Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Purwati, D. (2016). Realitas Pembelajaran Sastra Di Sekolah Masa Kini. Jurnal Pendidikan Mandala, 1 (1), 233-241

Rusyana, Y. (2003). Membangun Suasana Demokratis dalam Pendidikan Sastra di Sekolah. Makalah Pleno yang disajikan pada Kongres Bahasa Indonesia VIII di Jakarta, 14-17.

Setyaningsih, Nas Haryati. 2010. Penerapan Strategi Diskusi Pascabaca dalam Mata Kuliah Apresiasi Prosa untuk Meningkatkan Keterampilan Apresiasi Sastra Mahasiswa. Laporan Hasil Penelitian. Semarang: Unnes.

______________________ . 2014. Model Kolaboratif Tipe Investigasi Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Prosa Mahasiswa. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1), 48-56.

Sholehhudin, M., & Waluyo, H. J. Suyitno, & Wardhani, NE (2020). Evaluating the use of multicultural-based short story appreciation textbook to teach prose-fiction appreciation course. International Journal of Instruction, 13(1), 831-844.

Sundusiah, S. (2020, December). Reading text signals strategy in literature appreciation learning through indonesian short stories. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 284-290). Atlantis Press.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Syarifudin, muhamad, & Nursalim, N. (2019. Strategi Pengajaran Sastra. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-8

Yuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain media pembelajaran berbasis daring memanfaatkan portal Schoology pada pembelajaran apresiasi sastra. Basastra, 7(1), 14-22.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v13i2.59233

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Atika Wasilah, Safinatul Hasanah Harahap, Achmad Yuhdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.