PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN BUKU NONFIKSI SISWA KELAS XI SMAN 1 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Mariotta Elisabet Br Perangin-Angin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis rangkuman buku nonfiksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN I Tigapanah dengan jumlah  245 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen

 

Kata Kunci:Pengaruh -Cooperative Integrated Reading And Composition-Menulis Rangkuman Buku Nonfiksi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v1i2.766

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 208 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Mariotta Elisabet Br Perangin-Angin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.