KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan dan menggambarkan ragam bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi berupa foto.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek.Kebanyakan slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi.Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu.Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha.Ragam bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.
Kata Kunci: ragam bahasa, slogan, papan reklame, penggunaan bahasa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i2.802
Article Metrics
Abstract view : 1968 timesPDF - 1547 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 SUSI LESTARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.