Pengaruh Media Cetak Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa X SMA Santa Lusia Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2012/2013

Candra R Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh media cetak surat kabar terhadap

kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Santa Lusia tahun

pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santa

Lusia Sei Rotan yang terdiri atas empat kelas dengan jumlah populasi 130 orang siswa. Dari

jumlah siswa tersebut ditetapkan sampel yaitu 64 orang. Metode yang digunakan adalah

metode eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan

pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak surat kabar atau kelas

eksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran dengan media cetak buku pelajaran

atau kelas kontrol yang diberikan perlakuan berbeda.

Data kelas eksperimen menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan

essay test yang disusun untuk tujuan yang ingin dicapai. Sebelum analisis data, dilakukan uji

persayratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh:

kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,34 dengan standar deviasi 6,72 dan kelas kontrol

memiliki rata-rata 67,31 dan standar deviasi 8,07. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh:

kelas eksperimen memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,13 dan Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung<

Ltabel atau 0,13< 0,15 yaitu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media cetak

surat kabar berdistribusi normal; dan kelas kontrol memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,07 dan

Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung< Ltabel atau 0,07< 0,15. Hal ini membuktikan bahwa data

hasil pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak buku pelajaran

berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas varians gabungan kedua kelompok

yang diteliti diperoleh X2

hitung = 1,42 dan X2

tabel = 1,84. Harga X2

hitung < X2

tabel

yaitu 1,42 <

1,84. Pengujian hipotesis dilakukan mendengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji

hipotesis diperoleh thitung = 6,39 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf

signifikansi 5% dengan df = (N1+N2) - 2 = 60. Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel

taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung

>ttabel (6,39>2,00), maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan media cetak surat

kabar lebih baik daripada media cetak surat buku pelajaran dalam meningkatakan hasil

belajara menulis karangan argumentasi.

Kata Kunci : Media Cetak, Karangan Argumentasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i3.807

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Candra R Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.