PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PANDEGLANG

Trisnawati S.Pd., M.Pd.

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  metode  eksperimen dengan posttest only  control  design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 3 Pandeglang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  SMAN 3 Pandeglang yang diambil dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan menulis karangan deskripsi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung 12,29 sedangkan nilai ttabel adalah 1,995. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci : Metode field trip dan kemampuan menulis karangan deskripsi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v6i4.8187

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 869 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Trisnawati S.Pd., M.Pd.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.