PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/ 2013

IRNAWATI Hutagalung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media film dokumenter terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N.1 Kisaran sebanyak 350 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 35 orang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Nilai rata-rata post test adalah 76,43, sedangkan untuk pre test adalah adalah 71,57. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa setelah perlakuan (post-test) lebih tinggi daripada sebelum perlakuan (pre-test).

Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t  = 6,93, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5 %  = 2,03. Karena t  = 6,93  > t  = 2,03 maka  hipotesis nihil (H ) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H ) diterima. Hal ini membuktikan  bahwa media film dokumenter mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N.1 Kisaran.

Kata Kunci, Film Dokumenter, Menulis Puisi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i4.819

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 IRNAWATI Hutagalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.