Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMANegeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013

Luthfi Hirmainy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelPembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol, dari 177 populasi yang terdiri dari 5 kelas. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak kelas. Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan model kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan  model konvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign.Untuk memperoleh data digunakan tes essay menemukan nilai moral dalam cerpen.Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,16 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67,53. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tipe Dua Tinggal Dua Tamu berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen “Si Cacat” karya Aisyah Wulansari pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.

 

 

Kata Kunci: Pengaruh–Model Dua Tinggal Dua Tamu–Menemukan nilai moral cerpen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i4.821

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Luthfi Hirmainy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.