Analisis Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Fenomena Modifikasi Motor Menurut Perspektif Jean Baudrillard
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena konsumsi modifikasi motor di Indonesia melalui perspektif teori nilai tanda dari Jean Baudrillard. Modifikasi motor tidak hanya dilihat sebagai upaya meningkatkan performa atau estetika, tetapi juga sebagai ekspresi identitas dan status sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan terhadap pemilik motor yang telah memodifikasi kendaraan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi motor berfungsi sebagai simbol yang merepresentasikan identitas dan status sosial individu. Penggunaan aksesori dan perubahan estetika pada motor menjadi tanda yang menunjukkan eksistensi dalam komunitas tertentu dan afiliasi dengan subkultur otomotif. Selain itu, temuan ini mengungkap bahwa konsumen memodifikasi motor mereka tidak hanya untuk kepuasan pribadi, tetapi juga untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari lingkungan sosial mereka. Modifikasi motor menciptakan nilai tanda yang signifikan, di mana elemen-elemen modifikasi berfungsi sebagai kode yang dapat diinterpretasikan oleh anggota komunitas otomotif. Implikasi dari penelitian ini mencakup pemahaman lebih dalam tentang bagaimana konsumen menggunakan modifikasi sebagai alat komunikasi simbolik dalam masyarakat. Produsen dan penyedia jasa modifikasi dapat memanfaatkan pemahaman ini untuk mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan simbolik konsumen. Selain itu, penelitian ini menyarankan pentingnya pendekatan budaya dalam analisis perilaku konsumen untuk memahami dinamika yang lebih kompleks dari konsumsi modifikasi motor.
This research aims to analyze the phenomenon of motorbike modification consumption in Indonesia through the perspective of Jean Baudrillard's sign value theory. Motorcycle modification is not only seen as an effort to improve performance or aesthetics, but also as an expression of identity and social status. This research uses a qualitative method with an ethnographic approach with data collection techniques used, namely observation, interviews and literature study of motorbike owners who have modified their vehicles. The research results show that motorbike modifications function as symbols that represent an individual's identity and social status. The use of accessories and aesthetic changes to motorbikes become signs that indicate existence in a particular community and affiliation with automotive subcultures. In addition, these findings reveal that consumers modify their motorbikes not only for personal satisfaction, but also to gain recognition and appreciation from their social environment. Motorcycle modifications create significant sign value, where modified elements function as codes that can be interpreted by members of the automotive community. The implications of this research include a deeper understanding of how consumers use modification as a symbolic communication tool in society. Manufacturers and modification service providers can leverage this understanding to develop products and services that better meet consumers' symbolic needs. In addition, this research suggests the importance of a cultural approach in the analysis of consumer behavior to understand the more complex dynamics of motorbike modification consumption.
Full Text:
PDFReferences
Aromdoni, M. F. (2023). Perilaku konsumtif Remaja Pada Hobi Modifikasi Sepeda Motor Di kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri: IAIN Kediri
https://etheses.iainkediri.ac.id/10580/2/933708219_bab1.pdf
Baudrillard, J. (2018). Masyarakat Konsumsi. Bantul: KREASI WACANA
Creswell, J. W, (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djalal, T., dkk. (2022). Masyarakat Konsumen dalam perspektif Teori Kritis Jean Baudrillard. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 3(2), 255-260.
https://doi.org/10.26858/ijses.v3i2.43263
Duta, C. B. L. & Ahmad, Z. (2023). Standarisasi Brand Pakaian dalam Pertemanan (Studi Kasus Mahasiswa Sosiologi Agama Tahun 2019). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(1), 181-202. https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.26084
Gaol, R. K. L., & Abidin, S. (2024). PENGARUH KONTEN TIKTOK @REXI TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MODIFIKASI MOTOR. SCIENTA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(3).
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i3.8598
Mohamadh, M. (2019). Konsep Simulasi dan Hiperealitas Jean Baudrillard.
https://www.researchgate.net/publication/332332294_Konsep_Simulasi_dan_Hiperealitas_Jean_Baudrillard (diakses pada 21 Mei 2024)
Purnamasari, I., & Arifiyanti, J. (2020). Arisan Thalia: Gaya Hidup Para Sosialita Jember. Jurnal Entitas Sosiologi, 9(1), 35-45. https://doi.org/10.19184/jes.v9i1.20788
Purwanti, S. (2022). Melihat Dunia dengan Simulakra (Mengkaji Baudrillard dan Masyarakat Konsumsi). KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 11(2), 220-230.
https://doi.org/10.33508/jk.v11i2.4328
Raharja, E. (2024). Mengenal Lampu BiLED dan Keunggulannya di Kendaraan.
https://www.medcom.id/otomotif/mobil/1bV9vQaN-mengenal-lampu-biled-dan-keunggulannya-di-kendaraan#:~:text=Pengertian%20Lampu%20BiLED,ke%20dalam%20satu%20modul%20proyektor. (diakses pada 21 Mei 2024)
Rosa, D. V. (2017). Representasi Kelas Sosial dalam Ruang Teks Jalanan. LAYAR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 4(2), 41-52.
https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85349
Sari, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1), 44-57.
https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Web Deltalube. BORE UP VS STROKE UP MESIN MOTOR: APA BEDANYA?
https://www.deltalube.com/bore-up-vs-stroke-up/#gsc.tab=0 (diakses pada 21 Mei 2024)
Web Motor Tuo. (2015). Spesifikasi Honda GL Pro Neotech – Penakluk Tanjakan yang Powerfull.
https://motortuo.blogspot.com/2015/04/spesifikasi-honda-gl-pro-neotech.html (diakses pada 21 Mei 2024)
Wijaya, B. S., dkk. (2019). Nilai-Tanda sebagai Jantung Makna Relasi Konsumen dan Merek. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 181-192.
https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3699
Yanto, A., & Hikmah, F. (2023). Fenomena Centang Biru Instagram: Analisis Masyarakat Konsumsi dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, masyarakat, dan Budaya, 3(2), 163-174.
https://doi.org/10.33830/humaya.v3i2.6236
DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v6i1.58502
Article Metrics
Abstract view : 284 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan