STRATEGI PENERAPAN ENAM PENUGASAN PADA MATA KULIAH ANTROPOLOGI PERKOTAAN DI PRODI. PENDIDIKAN ANTROPOLOGI
Abstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan penerapan enam penugasan, pada awalnya dipandang oleh sebagian mahasiswa menjadi tugas berat yang tidak memberikan dampak. Focus Group Discussion yang dilakukan sebagai metode pengumpulan data berhasil mengungkap berbagai kesan dan pandangan mahasiswa terhadap penerapan enam penugasan. Berbagai kendala menambah kesan negatif terhadap pemberian enam penugasan. Beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa yang terungkap diantaranya pemberian tugas dan pengumpulan tugas yang secara bersamaan, pedoman atau panduan yang tidak memadai, kurangnya pendanaan, danĀ keterbatasan buku sumber. Enam penugasan sesungguhnya sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun bagi dosen bahkan bagi program studi apabila dijalankan dengan tepat dan benar. Ada beberapa strategi penerapan enam penugasan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa yaitu penerapan enam penugasan secara kolaboratif, revisi pedoman/panduan pelaksanaan dan rubrik penilaian, perubahan strategi belajar, dan pemetaan serta pengadaan sumber buku.
Full Text:
PDFReferences
Brooks J., Brooks M. The case for constructivist classroom. Available from: URL http://www.funderstanding.com/constructivism.cfm. Cited 5/10/2002.
Cerny J. General principles of motivation. Available from: URLhttp://ss.uno.edu/ss/teachdevel/Motivat/Motivate.html. Cited on 12/14/2002.
Davison L., Bryan T., Griffiths R. Reflecting students learning styles. Active Learning 1999; 10:10-13.
Lawrence G. People types and tiger stripes: a practical guide to learn styles; Funderstanding 1998.
McCaulley M.H. Psychological types in engineering: implications for teaching. Engin Educ 1979; 66(7):729-36.
Ryan P., Kloss J., Chlorost M., Fried R. Developing powerful learning solutions. Center for Organizational development and Training. SRI International 2002.
Schmeck R.R. Learning styles of college students, In Dillon RF, & Schmeck RR (eds): Individual differences in cognition 1. Academic Press Inc;1983.
Zeitz H., Pinto A. Concept mapping: a strategy for meaningful learning (Part 2). Basic Sci Educ 1995:11-
DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v1i2.8396
Article Metrics
Abstract view : 880 timesPDF - 496 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan