ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI BAH BOLON DI KOTA PEMATANGSIANTAR

mastiur verawaty silalahi

Abstract


Sungai Bah Bolon adalah salah satu sungai yang mengalir dari Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun,Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air berdasarkan parameter fisika (suhu), dan parameter kimia (pH,DO,BOD,NH3). Penentuan titik sampel menggunakan “sample survey method” yaitu metode pengambilan sampel dilakukan dengan membagi menjadi beberapa segmen atau titik yang dapat mewakili populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat  disimpulkan bahwa Sungai Bah Bolon menurut baku mutu pada parameter fisika (Suhu) dikatakan normal. Dan berdasarkan parameter kimia  terdapat penentuan pH, DO, BOD, dan kadar  NH3. Menurut keasaman (pH) air pada Sungai Bah Bolon  dikatakan normal karena dibawah deviasi baku mutu. Berdasarkan  baku mutu, DO harus  lebih besar dari 5, maka DO pada Sungai Bah Bolon tergolong normal (5,72-6,11). Menurut hasil BODnya dapat disimpulkan  bahwa BOD pada Sungai Bah Bolon tergolong pada tingkat pencemaran sedang.  Dan menurut baku mutu, hasilnya NH3 (ammonia) juga dapat disimpulkan pada  tingkat pencemarannyaa sedang.


Keywords


kualitas air, suhu, COD,BOD, DO, ammonia

Full Text:

PDF

References


Arsyad, S. (1989). Konservasi Tanah dan Air. IPB Press.

Badan Pusat Statistik Kota Pematangsiantar. (2014).

Kurniadi, B., Hariyadi, S., & Adiwilaga, E. M. (2015). Kualitas Perairan Sungai Buaya di Pulau Bunyu Kalimantan Utara pada Kondisi Pasang Surut ( Buaya River Water Quality in Bunyu Island of North Kalimantan at Tidal Condition ). 20(April), 53–58.

Mardhia, D., & Abdullah, V. (2018). Jurnal Biologi Tropis Studi Analisis Kualitas Air Sungai Brangbiji Sumbawa Besar sungai . Ikan banyak yang mati , air berubah.

Pemerintah, P. (2001). Pengeloaan Kualitas Air dan Pengendalian Pecemaran Air (p. Npmor 82).

Peraturan Pemerintah. (2011).

Prayogo, T. B. (2015). Analisis Kualitas Air Dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Metro di Kota Kepanjen Kabupaten Malang. 6(2), 105–114.

Suriawiria, U. (2003). Air dalam Kehidupan dan LIngkungan yang Sehat. Penerbit Alumni.

Yudo, S., Nusa, D. A. N., & Said, I. (n.d.). Status Kualitas Air Sungai Ciliwung di Wilayah DKI Jakarta Studi Kasus : Pemasangan Stasiun Online monitoring Kualitas Air Water Quality Status of Ciliwung River in DKI Jakarta Region Case Study : Installation of Online Water Quality Monitoring Station in Segment of Kelapa Dua - Istiqlal Mosque. 19(1), 13–22.




DOI: https://doi.org/10.24114/jbio.v6i3.19499

Article Metrics

Abstract view : 1385 times
PDF - 384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING

  

 

 

 

JBIO : Jurnal Biosains (The Journal of Biosciences), Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. ISSN 2443-1230 (print) dan ISSN 2460-6804 (online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.