KAJIAN ETNOBOTANI TUMBUHAN MANGROVE OLEH MASYARAKAT KAMPUNG NIPAH DUSUN III DESA SEI NAGALAWAN KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA

Rahmadani Lubis, Jamilah Nasution, E. Harso Kardhinata

Abstract


Penelitian Etnobotani tumbuhan mangrove di Kawasan Kampung Nipah Dusun III Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan mangrove yang dimanfaatkan oleh tiap Etnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan metode survey dan tehnik wawancara semi terstruktur yaitu mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan mangrove yang dimanfaatkan. Data yang dicatat adalah nama lokal, nama latin, nama family bagian tumbuhan yang digunakan, dan cara pemanfaatannya. Hasil penelitian diperoleh 8 jenis tumbuhan dari 8 famili yang dimanfaatkan. Masing-masing famili hanya memiliki 1 jenis tumbuhan mangrove yaitu Acanthus ilicifolius (Acanthaceae), Avicennia marina (Avicenniaceae), Nypa fruticans (Arecaceae), Rhizophora apiculata (Rhizophoraceae), Scaevola tacada (Goodeniaceae), Hibiscus tiliaceus (Malvaceae), Strychnos sp (Loganiaceae) Morinda citrifolia (Rubiaceae).

 

Kata kunci : Etnobotani, Jenis Mangrove, Kampung Nipah.         


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbio.v3i1.6619

Article Metrics

Abstract view : 903 times
PDF - 1175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDEXING

  

 

 

 

JBIO : Jurnal Biosains (The Journal of Biosciences), Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. ISSN 2443-1230 (print) dan ISSN 2460-6804 (online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.