RANCANG BANGUN PEMBAGIAN BANWIDTH DAN MONITORING JARINGAN MENGGUNAKAN METODE HTB DAN CACTI PADA JARINGAN INTERNET DI SMAN 1 HAMPARAN PERAK

Dian Kurnia

Abstract


Pada penelitian sekarang peneliti akan menerapkan pembagian bandwidth secara merata menggunakan metode HTB (Hierarchical Token Bucket) dimana metode  ini dapat mengontrol penggunaan bandwidth terhadap link yang diberikan kepada setiap client yang terkoneksi pada jaringan tersebut. HTB memungkinkan penggunaan fisik link single untuk menampilkan multiple link dan untuk mengirimkan jenis traffic yang berbeda pada tampilan link yang berbeda. Dengan kata lain, HTB sangat berguna untuk membatasi rating download dan upload client. Dengan demikian client tidak dapat seenaknya menggunakan semua kapasitas bandwidth. merupakan solusi jaringan grafik lengkap yang dirancang untuk memanfaatkan kekuatan penyimpanan data RRDTool dan fungsi grafik. Cacti menyediakan poller cepat, canggih grafik template, beberapa metode akuisisi data, dan manajemen pengguna fitur luar kotak. Dari hasil penelitian implementasi tanpa limit HTB upload/download = 1,8 Mbps/11Mbps, implementasi menggunakan limit HTB upload/download yang disetting pada queue tree upload/download = 750k/750k dan hasil speedtestnya yaitu upload/download = 708k/714k. cacti dapat memonitoring beberapa situs yang di akses oleh user.


Full Text:

PDF

References


W. Prawira, B., Wisesa, A., Suharsono, A., & Yahya, “Analisis Perbandingan Sistem Manajemen Bandwidth Berbasis Class-Based Queue Dan Hierarchical Token Bucket Untuk Jaringan Komputer,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 6, p. 6, 2017.

D. Kurnia, “Analisis QoS pada Pembagian Bandwidth Dengan Metode Layer 7 Protocol, PCQ, HTB dan Hotspot di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 102–111, 2017.

T. Bucket, “MENGGUNAKAN METODE HIERARCHICAL digunakan TOKEN secara BUCKET PADA PC ROUTER BERBASIS,” Anis Qustoniah Darwanto, vol. 19, no. 1, pp. 16–24, 2011.

D. A. Asmooro, H. Susilawati, and A. W. W. Nugraha, “Implementasi HTB (Hierarchical Token Bucket) Untuk Manajemen Bandwidth Pada Router Internet Di Universitas Jendral Soedirman,” Techno, vol. 12, no. 2, pp. 83–88, 2011.

S. A. Raharja Budi Risza Dwi, Peryadi, “Implemetasi Monitoring Jaringan Menggunakan Cacti Dan Web Authentication Menggunakan Kerberos Pada Man 1 Bojonegor,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 1, no. 3, pp. 2323–2333, 2015.

D. Cahyadi, F. Agus, and M. Iman, “Studi Pemanfaatan Network Monitoring System Pada Intra / Inter-net Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Sebagai Bahan Rekomendasi Untuk Memaksimalkan Utilisasi Jaringan Intra / Inter-net,” J. Inform. Mulawarman, vol. 5, no. 2, pp. 38–49, 2010.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v3i2.10068

Article Metrics

Abstract view : 1587 times
PDF - 1056 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License