ANALISIS QOS PADA PEMBAGIAN BANDWIDTH DENGAN METODE LAYER 7 PROTOCOL, PCQ, HTB DAN HOTSPOT DI SMK SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN

Dian Kurnia

Abstract


Pada penelitian ini akan dilakukan analisis QoS Pada Pembagian Bandwidth menggunakan metode HTB (Hierarchical Tocken Bucket), PCQ(Per Connection Queue)  dengan Layer 7 protocol sebagai limit file berekstensi, PCQ dan Hotspot. Pada HTB menggunakan teknik antrian queue tree, PCQ dengan Layer 7 protocol, PCQ menggunakan teknik antrian simple queue, hotspot menggunakan teknik antrian simple queue. Sehingga didapat perbandingan dari metode HTB (Hierarchical Tocken Bucket), PCQ dengan Layer 7 protocol, PCQ dan hotspot akan diterapkan pada mikrotik RB750GL. Hasil akhir penelitian ini diukur dengan parameter-parameter QoS throughput, delay (latency), jitter (variasi kedatangan paket), Packet loss. Adapun hasil pengujian dalam penelitian ini dilakukan pada trafik jam sibuk untuk mengetahui sejauh mana kinerja performansi management bandwidth dengan metode-metode tersebut. Dari hasil penelitian untuk performance QoS yang lebih baik untuk memanagement bandwidth di dapat nilai throughput, jitter dan delay terbaik yaitu menggunakan metode HTB.


Full Text:

PDF

References


Asmoro, Dwi Arya, Susilawati, Hesti & Nugraha, Azis Wisnu Widi. 2011. Implementasi HTB (Hierarchical Token Bucket) Untuk Manajemen Bandwidth Pada Router Internet Di Universitas Jenderal Soedirman. Techno, ISSN2:2. p.83-88

Fitriastuti, Fatsyahrina & Utomo, Dodi Prasetyo. 2014. Implementasi Bandwdith Management dan Firewall System Menggunakan Mikrotik OS 2.9.27. Jurnal Teknik4:4.

Saniya, Yoga, Priyono, Wahyu Adi, & Ambarwati, Rusmi. 2013. Sistem Manajemen Bandwidth dengan Prioritas Alamat IP Client. Jurnal Penelitian.

Pratama, Tommy, Irwansyah, M. Azhar & Yulianti. 2015. Perbandingan Metode PCQ, SFQ, RED dan FIFO Pada Mikrotik Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Jaringan Pada Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Jurnal Teknik Informatika Universitas Tanjungpura.

Solehudin, Arip. 2015. Implementasi Arsitektur Jaringan dan Penerapan Limiting Upload/Download File Extensions Menggunakan Mikrotik Router di Laboratorium Komputer UNSIKA Jurnal Ilmiah Solusi2:6. p.1-10.

TIPHON. Joesman 2008.

Kercheval, Berry, 2001, DHCP Panduan Konfigurasi Jaringan TCP/IP Yang Dinamis, Andi Offset, Yogyakarta.

Stallings, William, 1994, Data and Computer Communications, Fourth Edition, Macmillan Publishing Company, New York.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v2i2.6541

Article Metrics

Abstract view : 2774 times
PDF - 2125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License