Perancangan dan Implementasi Virtual Private Network (VPN) menggunakan Protokol SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol) Mikrotik di Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura

Ikhwan Ruslianto

Abstract


Internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas manusia sehari-hari. Dengan internet segala informasi bisa didapatkan dalam waktu yang cepat, dari berbagai penjuru dunia dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Akan tetapi dengan adanya internet, keterbukaan informasi menjadi hal yang biasa, walaupun terkadang ada informasi yang masih bersifat rahasia (confidentiality). Informasi dapat berupa apa saja, tidak terkecuali informasi dan data yang berkaitan dengan institusi pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura salah satunya. Di Fakultas MIPA sendiri ada beberapa informasi-informasi informasi yang hanya boleh diakses oleh kalangan tertentu saja. Misalnya ada beberapa aplikasi yang hanya dapat dibuka di lingkungan FMIPA saja maka dibuatlah mekanisme Virtual Private Network menggunakan protokol SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol) agar Server dan aplikasi yang ada di lingkungan FMIPA dapat diakses menggunakan internet diluar lingkungan FMIPA. Konfigurasi SSTP dapat dilakukan menggunakan perangkat router mikrotik yang dihubungkan menggunakan perantara Virtual Private Server (VPS) yang ada di internet, kemudian diintegrasikan pada router mikrotik, sehingga kedua kondisi tersebut dapat saling berinteraksi seolah-olah pengguna berada dilingkungan FMIPA Untan

Full Text:

PDF

References


Afrianto, I. & Setiawan, E. B., 2015. Kajian Virtual Private Network (Vpn) sebagai Sistem Pengamanan Data pada Jaringan Komputer. Majalah Ilmiah UNIKOM, 12(1), pp. 43-51.

Farly, K. A., Najoan, X. B. N. & Lumenta, A. S. M., 2017. Perancangan dan Implementasi VPN Server dengan menggunakan Protokol SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol) Studi Kasus Kampus Universitas Sam Ratulangi. Teknik Informatika, 11(1), pp. 1-7.

Habibi, A. & Arifin, S., 2015. Membangun Jaringan Virtual Private Network (Vpn) dengan Metode Tunneling Menggunakan Mikrotik untuk Komunikasi Lokal Di Stmik Ppkia Pradnya Paramita Malang. Teknologi Informasi, 6(2), pp. 115-119.

Halim, N. A., 2015. Penggunaan Media Internet di Kalangan Remaja. Risalah, 26(3), pp. 132-150.

Khasanah, S. N., 2016. Keamanan Jaringan dengan Packet Filtering Firewall. Khatulistiwa Informatika, IV(2), pp. 182-191.

Larasati, K. A. M., Nugroho, E. P. & Rizal, M. F., 2015. Implementasi Remote Desktop Melalui VPN Berbasis IPSec pada Smartphone dengan Menggunakan Vyatta OS. Teknologi Informasi, 2(2), pp. 40-44.

Microsoft, 2009. Microsoft. [Online]

Available at: https://docs.microsoft.com/en-us/previous-versions/windows/it-pro/windows-server-2003/cc779919(v=ws.10)

[Accessed 21 05 2018].

NCP, 2016. NCP. [Online]

Available at: https://www.ncp-e.com/en/solutions/vpn-for-education

[Accessed 21 Mei 2018].

Schroder, C., 2009. Linux Networking Cookbook. 1 ed. New York: O’Really Media, Inc.

Situmorang, J. R., 2012. Pemanfaatan Internet Sebagai New Media. Administrasi Bisnis, 8(1), pp. 73-87.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11792

Article Metrics

Abstract view : 1856 times
PDF - 1502 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License