Pemanfaatan QGIS Untuk Pemetaan Fasilitas Layanan Masyarakat Di Kota Pontianak

Syamsul Bahri, Dwi Marisa Midyanti, Rahmi Hidayati

Abstract


Kota Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki 6 kecamatan dengan total luas wilayah 107,82 km2. Hingga tahun 2018 jumlah penduduk kota Pontianak mencapai 665.694 jiwa. Kepadatan penduduk tiap kecamatan di Kota Pontianak relatif tidak merata, yang mengakibatkan sebaran fasilitas pelayanan publik menjadi tidak merata. Seringkali masyarakat di beberapa kecamatan kesulitan menemukan fasilitas pelayanan publik yang terdekat. Fasilitas pelayanan publik yang digunakan oleh masyarakat, diantaranya seperti ATM, SPBU, Puskesmas, Rumah Sakit, PAUD, dan Bengkel. Solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi QGIS untuk pemetaan fasilitas layanan masyarakat. Penelitian ini menghasilkan sebuah peta web yang memetakan fasilitas layanan yang ada di kota Pontianak. Peta web ini diharapkan dapat bermanfaat dan mempermudah masyarakat menemukan lokasi fasilitas layanan publik yang ada di Kota Pontianak.


Full Text:

PDF

References


Pontianak, D.K., Jumlah Penduduk Kota Pontianak Semester II Tahun 2018 Capai 665.694 Jiwa. Available at: https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/jumlah-penduduk-kota-pontianak-semester-ii-tahun-2018-capai-665694-jiwa. 2019.

Abdulghani, T. & Ubaedilah, E., Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Geografis Sebaran Tanah Penduduk (Studi Kasus Desa Tanjungasari, Kab. Cianjur). Jurnal Produktif, 2, pp.1–12, 2018

Budiyanto, E., Sistem Informasi Geografis dengan Quantum GIS Seno, ed., Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2018.

Nugroho, A. & Kusuma, W.A., Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Bird Contest Kota Malang Berbasis Android. Jurnal SISTEMASI, 7(September), pp.212–219, 2018.

Kholil, Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (Sig) Dalam Aplikasi Pelaporan Dan Pelacakan Kejahatan Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 6(1), pp.51–58, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.15666

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License