Implementation of Mamdani Fuzzy Logic on Obstacle Avoidance Robots

Wahiddatun Nisa, Dwi Marisa Midyanti, Dedi Triyanto, Irma Nirmala

Abstract


Aktivitas lalu lintas di jalan raya sering kita jumpai terjadi kecelakaan kendaraan mobil dan motor. Kecelakaan lalu lintas itu disebabkan karena beberapa hal salah satunya adalah kelalaian pengendara itu sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah sebuah sistem otomatis pada kendaraan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan dimulai dari skala prototipe robot beroda dua untuk menghindari halangan menggunakan metode Logika Fuzzy Mamdani. Pada penelitian ini telah dibuat sistem robot penghindar halangan yang dapat menghindari halangan dan pengaturan kecepatan motor secara otomatis berdasarkan jarak halangan didepannya. Sistem ini dibangun menggunakan mikrokontroler Arduino uno sebagai sistem kendali, 3 buah sensor ultrasonik sebagai pengukur jarak robot terhadap halangan, motor driver dan motor DC sebagai arah gerak robot. Pengaturan kecepatan motor secara otomatis digunakan sistem pengambil keputusan dengan menggunakan 27 rule. Hasil pengujian sensor ultrasonik dapat mendeteksi halangan yang ada di samping kiri, kanan dan depan dengan rentang jarak dekat, sedang dan jauh dari 2 sampai 50 cm. Pada sistem pengaturan kecepatan motor dapat mengatur kecepatan lambat, normat dan cepat pada rentang 50-60 PWM secara otomatis menggunakan sistem keputusan Logika Fuzzy Mamdani dengan akurasi sistem 93% dari 27 kali pengujian.

Keywords


Arduino uno, motor drivers, wheeled robots, Ultrasonic sensor, Mamdani Fuzzy Logic

Full Text:

PDF

References


A. Salim, “Manajemen Transportasi Cetakan Pertama,” Jakarta: Ghalia Indonesia, 2000.

B. Amak, N. S. H. Malonda, and P. A. T. Kawatu, “Hubungan Perilaku Safety Riding Pengendara Ojek Online Dengan Kejadian Kecelakaan Lalulintas Di Kota Manado,” Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, vol. 1, no. 1, 2020.

O. Supriadi, “Perancangan Robot Avoider Berbasis Arduino UNO Menggunakan Tiga Sensor Ultrasonik,” EPIC, no. 2614–8595, pp. 1–11, 2019.

B. Wibowo Sanjaya and H. Priyatman, “IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY PADA ROBOT BERODA PENGHINDAR HALANGAN BERBASIS ARDUINO UNO R3.”

G. Dewantoro, D. Susilo, and P. P. Adi, “Implementasi Pengendali Logika Fuzzy pada Navigasi Robot Penjejak Dinding,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 16, no. 2, pp. 72–77, 2017.

U. Ristian, F. Hadary, and Y. Brianorman, “Visualisasi dan Pengendalian Gerak Robot Lengan 4 Dof menggunakan Visual Basic,” Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 1, no. 1, 2013.

R. Risdiandi, “Analisis Cara Kerja Sensor Ultrasonik Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Merancang Alat

Deteksi Banjir Secara Otomatis,” OSF Preprints. January, vol. 2, 2021.

M. Syahwil, “Panduan mudah simulasi dan praktek mikrokontroler arduino,” Yogyakarta: Andi, 2013.

Y. M. Dinata, “Arduino itu mudah.” Arduino Itu Mudah–2015-ISBN: 978-602-02-5851-5-PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2015.

W. K. Mawardani, J. Susila, and J. Priambodo, “Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Dengan Metode Fuzzy Logic pada Mobile Robot untuk Menarik Troli Makanan,” Jurnal Teknik ITS, vol. 11, no. 1, pp. A1–A7, 2022.

E. Pitowarno, “Robotika desain, kontrol, dan kecerdasan buatan,” Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

M. Yasyfi, “Rancang Bangun Robot Pemadam Api Beroda Four Wheel Drive (4Wd) Berbasis Kendali Logika Fuzzy,” Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, vol. 2, no. 1, 2017.

C. Danuputri, “PENENTUAN KECEPATAN PUTAR KIPAS ANGIN DAN INTENSITAS LAMPU DENGAN FUZZY LOGIC MAMDANI,” Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, vol. 3, no. 2, 2020.

S. Kusumadewi and H. Purnomo, “Aplikasi Logika Fuzzy untuk pendukung keputusan,” 2004.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v7i2.36300

Article Metrics

Abstract view : 295 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License