Pengembangan Sistem Pengukur pH Air Untuk Menentukan Derajat Asam Basa Media Kolam Ikan Berbasis Internet of Things (IoT)

Cecep Muhamad Sidik Ramdani, Acep Irham Gufroni, Andi Nur Rachman, Rahmi Nur Shofa

Abstract


Bidang fisika dapat mempengaruhi keberlangsungan segala sesuatu yang hidup di lingkungan alam secara langsung atau tidak langsung, salah satunya berpengaruh pada kegiatan budidaya ikan. Kualitas air sangat berpengaruh pada kondisi ikan sehingga apabila kualitas air nya tidak memenuhi standar air untuk budidaya ikan, maka akan membuat ikan rawan terserang penyakit bahkan bisa menyebabkan kematian. Ada beberapa parameter yang dapat mempengaruhi kualitas air, diantaranya Ph air. Alat yang digunakan untuk mengukur Ph air yaitu Ph meter. Alat tersebut harus secara langsung di gunakan di lokasi media kolam ikan untuk dapat mengetahui nilai suhu dan Ph air. Dengan kondisi tersebut membuat kegiatan monitoring kolam ikan menjadi kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuat suatu sistem monitoring Ph air berbasis Internet of Thing (IoT) yang dapat melakukan pemantauan dan monitoring kolam ikan secara real time. Pada monitoring Ph air ini menggunakan sensor PH-4502C. mikrokontroler yang digunakan yaitu NodeMCU ESP8266 dan Arduino Uno yang di lengkapi dengan Wi-Fi module ESP8266. Hasil pengujian yang di lakukan di tiga titik pada satu kolam ikan dalam rentang waktu 1 jam mempunyai nilai rata-rata 7,56 yang berarti nilai Ph air yang ada pada kolam tersebut masih sedikit di atas batas normal yaitu 7.  


Keywords


Ph air; monitoring; Internet of Thing (IoT); real time;

Full Text:

PDF

References


A. K. Nurdina., A.P. Sasmito., and N. Verdyansyah, “Penerapan Internet of Things (IoT) Monitoring dan Controlling Perawatan Anakan Ikan Koi Berbasis Website,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (JATI)., vol. 6, no 2, 2022.

D. Michael and D. Gustina, “Rancang Bangun Prototype Monitoring Kapasitas Air Pada Kolam Ikan Secara Otomatis Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino,” ikraith-informatika., vol. 3, no. 2, pp. 59–66, 2019.

R. Maulana, “Sistem Monitoring dan Controlling Kualitas Air Serta Pemberian Pakan Pada Budidaya Ikan Lele Menggunakan Metode Fuzzy, NodeMCU dan Telegram,” Information Technology Engineering Journals, vol. 6 No. 1, pp. 53-64, 2021.

O. Alfina, “Sistem Informasi Mobile Assistant Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Fakultas Komputer Universitas Potensi Utama Berbasis Web,” JITEKH., vol. 7, no. 1, 2020. https://doi.org/10.35447/jitekh.v7i01.3

R. david and J. Lukito “Sistem Informasi pengelolaan Aset Laboratorium berbasis Web,” Jurnal Mahasiswa sistem Informasi (JMSI)., vol. 3, no. 2, 2022.

P. Sidik and R. Fatah, “Sistem Informasi pengolahan sampah menggunakan metode lDS berbasis android,” JMTI., vol. 4, no. 2, 2020.

A. Sambas and N. Rahmat, “Aplikasi SLM untuk Mengetahui tingkat Kebisingan Suara berbasis Internet of Things (IoT),” Inovatic., vol. 6, no 1, 2021.

F. Susanto., N. K. Prasiani., and P. Darmawan, “Implementasi Internet of Things Dalam Kehidupan Sehari-Hari,” Jurnal Imagine., vol. 2, no 1, 2022.

I. A. Rozaq and N. Y. D. Setyaningsih, " Karakterisasi dan Kalibrasi Sensor pH Menggunakan Arduino UNO,” Prosiding Sendi_U, pp. 2443-247, 2019.

E. Mufida., R. S. Anwar., and R. A. Khodir, “Perancangan Alat Pengontrol pH Air Untuk Tanaman Hidroponik Berbasis Arduino Uno,” INSANtek., vol. 1, no 1, 2020.

M. F. Wicaksono, “Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Home,” Jurnal Teknik Komputer Unikom., vol. 6, no. 1, 2019.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta, 2019.

M. A. Revansyah and Puspaningrum, “Analisis TDS, Ph, Dan COD Untuk Mengetahui Kualitas Air Warga Desa Cilayung,” Jurnal Material dan Energi Indonesia., vol. 12, no. 2, pp. 43-49, 2022.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.50799

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License