Prototype Penerangan Lampu Taman Otomatis Menggunakan Arduino Uno

Mugi Alan Prasetya, Rachmat Aulia

Abstract


Masalah yang sering dihadapi pada pekerja di fasilitas umum contohnya pada lampu taman adalah harus menghidup dan mematikan lampu taman secara manual dan ditambah lagi arus listrik yang digunakan dirasa boros karena harus menunggu petugas dalam menghidupkan dan mematikan lampu, maka dari itu perlu dibuatnya sistem otomatis yang dapat membantu dan memberikan solusi pada permasalahan tersebut, maka dari itu penulis membuat sistem lampu taman otomatis dengan menggunakan sensor ldr yang dapat digunakan untuk membaca nilai kondisi cuaca (terang atau gelap). Sensor ultrasonik berguna untuk mendeteksi pergerakan dengan membaca jarak yang telah ditentukan. Relay yang dapat digunakan sebagai kontaktor arus yang masuk ke lampu. Dimana sistem yang dibuat nantinya membutuhkan power supply dari tegangan adaptor. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan sensor cahaya dapat digunkaan sebagai pendeteksian kondisi hari(siang atau malam) dan dengan bantuan sensor ultrasonik sebagai nilai inputan untuk menghidup atau mematikan lampu (seperti animasi) dengan tujuan untuk menghemat arus listrik yang digunakan. Yang mana nantinya lampu akan hidup dan mati sesuai dengan nilai sensor ultrasonik ketika ultraasonik 1 mendeteksi objek maka lampu akan akan hidup dan yang lainnya padam, dan ketika sudah tidak mendeteksi objek lagi maka lampu akan padam, begitu selanjutnya sampai ke ultrasonic 4 dan lampu akan hidup dan mati (seperti animasi) sesuai dengan nilai ultrasonik.

Keywords


Sensor Ldr; Sensor Ultrasonik; Relay

Full Text:

PDF

References


Parhan, J., & Rasyid, R. (2018). Rancang Bangun Sistem Kontrol Kipas Angin dan Lampu Otomatis di Dalam Ruang Berbasis Arduino Uno R3 Menggunakan Multisensor, 7(2), 159–165.

Eddi, Suhery, C., & Triyanto, D. (2013). Sistem Penerangan Rumah Otomatis Dengan Sensor Cahaya Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura, 1(2), 1–10.

Tsauqi, A. K., Manuel, I., Hasan, V. M., Tsalsabila, A., Chandra, F., Yuliana, T., & Tarigan, P. (2016). Saklar Otomatis Berbasis Light Dependent Resistor ( LDR ). Ldr, V(Seminar Nasional Fisika SNF2016), 19–24. https://doi.org/doi.org/10.21009/0305020105

R. Aulia and A. J. Lubis, “Monitoring Suhu udara Kawasan Gunung Aktif berbasis IoT,” Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima, vol. 1, no. April 2018, pp. 115–122, 2019.

Albet, M., Ginta, P. W., & Sudarsono, A. (2014). Pembuatan Jendela Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya. Jurnal Media Infotama, 10(1), 8–15.

K, V. D., & Syaryadhi, M. (2017). Monitoring Suhu dan Kelembaban Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 pada Proses Dekomposisi Pupuk Kompos, 2(3), 91–98.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.15889

Article Metrics

Abstract view : 470 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License