Penerapan Algoritma ID3 Untuk Menyeleksi Pegawai Kontrak Di Kantor Pengadilan Kota Langsa

Isna Choina, Rachmat Aulia, Ahmad Zakir

Abstract


Sistem kerja kontrak terjadi pada semua jenis industri dengan waktu yang tidak ditentukan. Termasuk di kantor pengadilan kota langsa dimana jumlah karyawan kontrak sudah harus di kurangi. Maka perlu dilakukan adanya penyeleksian karyawan kontrak berprestasi agar dapat di pertahankan di kantor  pengadilan kota langsa, dengan melihat ketentuan dan syarat yang telah di tetapkan. Namun penentuannya pada saat ini masih kurang tepat dan butuh banyak waktu, di karenakan penulisan dan perhitungan hasilnya masih dilakukan secara bertahap. Sehingga adanya kemungkinan kesalahan dalam memutuskan hasil akhirnya. Berdasarkan permasalahan yang telah di jelaskan  tersebut maka, perlu adanya solusi pemecahan masalah. Penelitian ini dapat membantu perusahaan dalam memilih karyawan berprestasi dengan tepat  menggunakan pemrograman Visual basic 2010 dan menggunakan algoritma ID3 (Iterative dichotomiser three) yang menghasilkan pohon keputusan.

Keywords


Karyawan kontrak, Algoritma ID3, Pohon Keputusan, Visual Basic 2010

Full Text:

PDF

References


S. Mallu and S. P. Keputusan, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis,” vol. I, no. 2, pp. 36–42, 2015.

S. Kasus, U. Dehasen, S. Haryati, A. Sudarsono, and E. Suryana, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4 . 5,” vol. 11, no. 2, pp. 130–138, 2015.

R. Aulia, “Pemanfaatan Website Sebagai Sarana Managing Data Dalam Suatu Organisasi (Studi Kasus: Pertemuan Ilmiah Nasional (Pin) Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) 2013 Medan),” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2016.

C. M. Rumagit and C. Fibriani, “Penerapan Metode ID3 terhadap Perancangan Sistem Penentuan Penerima Bantuan Sosial Pemugaran RTLH Kota Salatiga,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 101–116, 2016.

D. M. Agustina and Wijanarto, “Analisis Perbandingan Algoritma ID3 Dan C4.5 Untuk Klasifikasi Penerima Hibah Pemasangan Air Minum Pada PDAM Kabupaten Kendal,” J. Appl. Intell. Syst., vol. 1, no. 3, pp. 234–244, 2016.

P. Meilina, “Penerapan Data Mining Dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Decision Tree dan Regresi,” J. Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 11–20, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.15146

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License