Decision Support System Memprediksi Kerusakan Handphone Berbasis Web Menggunakan Algoritma C4.5 di Pioneer Service
Abstract
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan untuk memprediksi kerusakan smartphone di Pioneer Service menggunakan Algoritma C4.5. Pioneer Service merupakan salah satu jasa layanan perbaikan handphone yang setiap harinya menerima berbagai macam keluhan kerusakan handphone. Masalah yang dihadapi oleh Pioneer Service adalah banyaknya faktor yang mempengaruhi kerusakan pada handphone dan waktu yang diperlukan untuk menentukan jenis kerusakan pada handphone tersebut. Kendala lainnya adalah ketika pelangga membutuhkan handphone kembali berfungsi dengan cepat. Permasalahan pada Pioneer Service dapat diselesaikan dengan membuat suatu Sistem Pendukung Keputusan berbasis web dengan menerapkan metode Algoritma C4.5. Aplikasi yang dirancang menggunakan Visual Studio Code dan MySQL sebagai database. Metodologi evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini mlibatkan pengujian sistem terhadap dataset keluhan kerusakan handphone untuk mengukur akurasi prediksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan yang dirancang dapat meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan. Penerapan metode algoritma C4.5 telah berhasil meningkatkan akurasi prediksi kerusakan handphone. Penerapan praktis dari Sistem Pendukung Keputusan ini juga diperjelas dengan integrasi sistem dalam operasional Pioneer service, memastikan manfaatnya dalam meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan secara konsisten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yurmalin, S. Rahayu, and E. B. Jemmy, “Penerapan Case-Based Reasoning dan SUPR-Q dalam Sistem Diagnosis Kerusakan pada Lokomotif CC 201,’’ 2024. https://doi.org/10.33369/pseudocode.11.1.7-14.
R. T. Handako, “Aplikasi Diagnosa Kerusakan Pada Handphone Menggunakan Metode Forward Chaining,” Jurnal Teknologi Pintar, vol.2, no.5, 2022.
W. Nurhadi, E. Marselina, And F. Mujatia, “Penerapan Algoritma Decision Tree C.45 Untuk Klasifikasi Data Status Huni Rumah Rehabilitasi Pasca Erupsi Merapi,” 2020. [Online]. Available: https://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/309
D. Pribadi, R.A. Saputra, And J.M. Hudin, “Sistem Pendukung Keputusan in Graha Ilmu,” ISBN, 2020.
H. A. Septilia, Styawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Menggunakan Metode AHP,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol.1, no.2, 2020.
Lusiana, A. Sianturi, N. A. And Yulianty, “Penerapan Metode Peramalan (Forecasting) Pada Permintaan Atap di PT X. Industri Inovatif,” 2020. doi: https://doi.org/10.36040/industry.v10i1.2530.
H. Hafijan, And A. N. Putri,” Penerapan Metode Klasifikasi Decision Tree Pada Status Gizi Balita di Kabupaten Simalungun,” KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi Komputer dan Jaringan, vol.1, no.2, 2020.
N. Azwant,” Analisa Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Penjualan Motor Pada PT. Capella Dinamik Nusantara Cabang Muka Kuning,” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol.13, no.1, 2018.
D. Y. H. Tanjung, “Optimalisasi Algoritma C4.5 untuk Prediksi Kerusakan Mesin ATM,” 2021. doi: 10.22303/Infosys.6.1.2021.12-21.
Suyanto,” Artificial Intelligence,” ISBN, 2021.
S. N. Arif, M. Syahril, S. Kusnasari, And H. Winata, “Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Handphone Oppo Dengan Menggunakan Teorema Bayes,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD (J-SISKO), vol.4, no.1, 2021.
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i2.59719
Article Metrics
Abstract view : 71 timesPDF - 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License