Analisa Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Keluhan Dan Kerusakan Berbasis Web

Muhamad Arif Fahrurozi, Fajar Masya

Abstract


Di era dig

Di era digital saat ini dan semakin berkembang pesatnya teknologi informasi banyak manusia yang semakin menuntut teknologi – teknologi yang praktis dan mudah di gunakan. Salah satunya adalah sistem pengaduan keluhan dan kerusakan. Pengaduan merupakan suatu bentuk partisipasi karyawan agar perusahaan atau organisasi tersebut dapat dengan cepat memperbaiki kualitas dan layanan. Saat ini sistem yang berjalan pada PT MITRA BAKTI UT masih memiliki beberapa kekurangan seperti pengaduan keluhan dan kerusakan yang masih menggunakan cara manual yaitu masih menggunakan form saat melakukan pengaduan kerusakan, dan memerlukan waktu 1 minggu untuk mengetahui jawaban dari manajemen mengenai keluhan yang di ajukan oleh karyawan. Sehingga informasi yang di dapat kadang – kadang tidak sesuai. Maka dari itu pengaduan keluhan dan kerusakan yang masih manual ini dapat di kembangkan menjadi sebuah sistem informasi yang berbasis web. Untuk dapat mempermudah karyawan dan dalam pengaduan keluhan dan kerusakan sehingga penanganan dapat berjalan dengan cepat dan efisien.

ital saat ini dan semakin berkembang pesatnya teknologi informasi  banyak manusia yang semakin menuntut teknologi – teknologi yang praktis dan mudah di gunakan. Salah satunya adalah sistem pengaduan keluhan dan kerusakan. Pengaduan merupakan suatu bentuk partisipasi karyawan agar perusahaan atau organisasi tersebut dapat dengan cepat memperbaiki kualitas dan layanan. Saat ini sistem yang berjalan pada PT MITRA BAKTI UT masih memiliki beberapa kekurangan seperti pengaduan keluhan dan kerusakan yang masih menggunakan cara manual yaitu masih menggunakan form saat melakukan pengaduan kerusakan, dan mermerlukan waktu 1 minggu untuk mengetahui jawaban dari manajemen mengenai keluhan yang di ajukan oleh karyawan. sehingga informasi yang di dapat kadang – kadang tidak sesuai. Maka dari itu pengaduan keluhan dan kerusakan yang masih manual ini dapat di kembangkan menjadi sebuah sistem informasi yang berbasis web. Untuk dapat mempermudah karyawan dan dalam pengaduan keluhan dan kerusakan sehingga penanganan dapat berjalan dengan cepat dan efisien.

Kata Kunci : Teknologi informasi, Sistem pengaduan keluhan dan kerusakan, manual


Keywords


Information system; complaint and damage complaint system; manual

Full Text:

PDF

References


Handrie Noprisson, "Analisis Sistem Dengan 4 Diagram UML (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Laboratorium Praktikum Komputer),"

Solichin, Achmad. 2016. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.15925

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License