ANALISIS STEGANOGRAFI METODE TWO SIDED SIDE MATCH

Nurul Khairina

Abstract


Abstrak—Terbatasnya ukuran citra terhadap panjang pesan yang akan disisipkan, menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan metode steganografi dan jenis citra yang akan digunakan. Metode Two Sided Side Match adalah salah satu metode steganografi yang menggunakan dua sisi nilai pixel tetangganya yaitu sisi atas dan sisi kanan atas untuk menentukan berapa banyak biner pesan yang dapat disisipkan ke dalam sebuah pixel. Penelitian ini menganalisis cara kerja metode Two Sided Side Match  dalam mengamankan pesan rahasia dengan mengukur tingkat kerusakan citra hasil penyisipan pesan terhadap citra asli yang dihitung dengan nilai MSE (Mean Square Error). Jenis citra yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis citra multilayer TIFF yang bertujuan untuk membantu kedua metode tersebut dalam menampung lebih banyak pesan. Penelitian ini menganalisis cara kerja penyisipan pesan dan ekstraksi pesan metode Two Sided Side Match serta mengukur tingkat kerusakan citra hasil penyisipan pesan terhadap citra asli yang dihitung dengan nilai MSE (Mean Square Error).

Keywords— Steganografi, Two Sided Side Match.


Full Text:

PDF

References


Cole, E. 2003. Hiding in Plain Sight : Steganography and the Art of Covert Communication. Wiley : Canada. IEEE : Kolkata, West Bengal.

Cummins, J., Diskin, P., Lau, S., & Parlett, R.2004. Steganography and Digital Watermarking. The University of Birmingham.

Hermawati, F. A. 2013. Pengolahan Citra Digital. Andi : Yogyakarta

Khairina, Nurul. 2016. Analisis Perbandingan Metode Steganografi Two Sided Side Match Dengan Four Sided Side Match Pada Citra Multilayer TIFF. Tesis. Medan : USU.

Sutoyo, T., Mulyanto, E., Suhartono, V., Nurhayati, O.D. & Wijanarto. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Andi : Yogyakarta

Swain, G. 2013. Steganography in Digital Image Using Maximum Difference of Neighboring Pixel Values. International Journal of Security and its Applications 7(6) : 285-294.

Yunus, M., & Harjoko, Agus. 2014. Penyembunyian Data pada File Video Menggunakan Metode LSB dan DCT. IJCCS 8 (1) : 81-90.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v1i2.4067

Article Metrics

Abstract view : 523 times
PDF - 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License