Perancangan Aplikasi Peta Digital Event Berbasis Web Dengan Menggunakan Algoritma A-Star
Abstract
Peta digital event adalah hal penting bagi pengguna dalam mengarahkan dan mencari informasi mengenai booth acara yang akan ada. Dalam penelitian ini merancang dan mengembangkan peta digital event berbasis web dengan algoritma a star untuk menemukan rute terpendek. Pada penelitian ini, sistem yang memanfaatkan algoritma a star untuk pencarian rute dengan jarak terpendek ke tujuan yang dituju berhasil diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat membantu pengguna mencari rute dengan jarak terkecil ke booth acara yang diinginkan. Dengan demikian, aplikasi peta digital event yang dirancang dapat memberikan solusi yang efisien dan efektif dalam membantu pengguna mengarahkan area acara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Adam Maulana, T. Informatika UDINUS, and F. Ilmu Komputer UDINUS, “Implementasi Algoritma A* Dalam Aplikasi Berbasis Web untuk Menemukan Rute Terpendek sebagai Navigasi Peta Digital Indoor Implementation of A* Algorithm in Web-Based Applications for Finding the Shortest Route as Navigation of Digital Indoor Map,” Universitas AMIKOM Yogyakarta, vol. 5, no. 1, 2017.
N. Sugianti, A. Mardhiyah, and N. Romihim Fadlilah, “Komparasi Kinerja Algoritma BFS, Dijkstra, Greedy BFS, dan A* dalam Melakukan Pathfinding,” 2020.
A. Oktarini, S.; Ari, and A.; Sunarti, WEB PROGRAMMING. 2019.
B. Android Yani and W. Gunawan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Finder Museum Jakarta Dengan Metode A* (A-Star),” 2019.
A. C. Prasetyo, M. Prayoga Arnandi, H. S. Hudnanto, and B. Setiaji, “Perbandingan Algoritma Astar dan Dijkstra Dalam Menentukan Rute Terdekat 36 Jurnal Ilmiah SISFOTENIKAJuly201xIJCCS Perbandingan Algoritma Astar dan Dijkstra Dalam Menentukan Rute Terdekat Astar and Dijkstra Algorithm Comparison for Determining the Shortest Route,” 2019.
R. Y. Endra, Y. Aprilinda, Y. Y. Dharmawan, and W. Ramadhan, “Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website,” EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 11, no. 1, p. 48, Jun. 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.2012.
Nasri, “Pengertian Navigasi, Manfaat, dan Contoh Alat,” Jun. 14, 2022.
adminlp2m, “Metode Waterfall – Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaannya,” Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Jun. 2022. https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/#:~:text=Metode%20Waterfall%20merupakan%20pendekatan%20SDLC,desain%2C%20dan%20implementasi%20pada%20sistem. (accessed Nov. 14, 2022).
W. Gunawan, . S., and B. Sudrajat, “Implementation of Dijkstra’s Algorithm in the Shortest Route,” Scholars Bulletin, vol. 05, no. 12, pp. 681–689, Dec. 2019, doi: 10.36348/sb.2019.v05i12.001.
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.48218
Article Metrics
Abstract view : 6 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License