Scrum Framework and Greedy Algorithm in Product Backlog Wedding Application Planner (Wepplan) Activities

Muhamad Iqbal Wasta Purnama, Fauziah Fauziah, Ira Diana Sholihati

Abstract


Abstrak—Semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyaknya kebutuhan yang diperlukan ini bisa menjadi peluang yang mampu dimanfaatkan untuk mendukung suatu pengembangan teknologi. Pada penelitian ini menerapkan salah satu model dalam perancangan aplikasi dengan mengimplementasikan Scrum framework dan Algoritma Greedy pada aktivitas product backlog Wedding Application Planner (Wepplan). Dimana hal tersebut membentuk 271 jam waktu kerja pada 23 aktivitas product backlog yang terbagi menjadi 4 sprint dengan memberikan solusi optimal pada permasalahan penjadwalan pembagian waktu kerja masing-masing developer. Hasil yang didapat yaitu developer 1 mendapatkan 70 jam waktu kerja, developer 2: 68 jam waktu kerja, developer 3: 69 jam waktu kerja, dan developer 4: 64 jam waktu kerja dalam pengerjaannya. Pada pengujian terhadap nilai response time aplikasi, hasil tercepat pada daftar uji Test Daftar: 27.386 (s), Test Login: 15.378 (s), Test Wedding: 24.433 (s), dan Test Engagement 25.841 (s) didapat menggunakan katalon, pada daftar uji Test Venue: 26.104 (s), Test Catering: 29.244 (s), Test Top Up: 26.617 (s), dan Test Edit Profile: 27.239 (s) menggunakan Testproject. Disimpulkan penelitian ini dapat memberikan manfaat terutama kepada para developer untuk mengefisiensi penjadwalan waktu kerja terhadap rancangan aktivitas dalam membangun sebuah produk aplikasi.

Kata Kunci—Wepplan, Android, Scrum Framework, Algoritma Greedy.

 

Abstract—Development of a technology, the more needs that are needed this can be an opportunity that can be used to support a technology development. In this study, one of the models in application design is implemented by Scrum framework and Greedy Algorithm in the Wedding Application Planner (Wepplan) product backlog activity. Where this forms 271 hours of work time on 23 product backlog activities which are divided into 4 sprints by providing optimal solutions to the scheduling problem of each developer's work time division. The results obtained are developer 1 gets 70 hours of work time, developer 2: 68 hours of work time, developer 3: 69 hours of work time, and developer 4: 64 hours of work time in the process. In testing the application response time value, the fastest results on the Test List Signup Test: 27,386 (s), Login Test: 15,378 (s), Wedding Test: 24,433 (s), and Engagement Test 25,842 (s) were obtained using Katalon, while in Venue Test: 26,104 (s), Catering Test: 29,244 (s), Top Up Test: 26,617 (s), and Profile Update Test: 27,239 (s) using Testproject. It is concluded that this research can provide benefits, especially for developers to make work time scheduling efficient for the design of activities in building an application product.


Keywords


Wepplan; Android; Scrum Framework; Greedy Algorithm

Full Text:

PDF

References


M. Jamili, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelayanan Pernikahan dan Permohonan Pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin,” J. Al ’Iidara Balad, vol. 2, no. 2, p. 36, 2020. Available: http://ojs-al-iidara-balad.web.id/index.php/ANE2018/article/view/79/76.

D. Susanti, “Perancangan Sistem Informasi E-Booking Paket Pernikahan Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Web ( Studi Kasus : Galih Wedding Organizer ),” no. April, pp. 263–270, 2021.

M. Z. Alfaruqy, F. K. Putri, and S. I. Soedibyo, “Dinamika Psikologis Menikah pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Psikol. Talent., vol. 6, no. 2, p. 55, Mar. 2021, doi: 10.26858/talenta.v6i2.19695.

W. Sukiman, A. Noertjahyana, and A. N. Purbowo, “Aplikasi Pengelola Tamu Wedding berbasis Mobile Android,” J. Infra, vol. 7, no. 2, pp. 141–147, 2020.

N. Ariyani, “Aplikasi Reservasi Wedding Organizer Berbasis Android Dengan Generate Random Invitation dan SPK Pemilihan Konsep Pernikahan,” pp. 40–43.

U. Nurhasan, M. Mentari, K. Hartati, and N. Ningtyas, “Penerapan Aplikasi Up-Event pada Tata Kelola Kegiatan Multi Vendor,” Gener. J., vol. 4, no. 2, pp. 84–97, 2020, doi: 10.29407/gj.v4i2.14291.

F. Rizaldi, S. Anggraeni, and I. Sugiyarto, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Berbasis Web Pada Diamond Wedding Jakarta,” vol. 7, no. 1, pp. 1–16, 2021.

R. Setiawan, A. D. Supriatna, S. Hudawiguna, and F. F. Roji, “Electronic culinary reservations based on Android with the Scrum methodology and Firebase database,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 5, p. 052091, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/5/052091.

A. Wibowo, R. Delima, and C. Antonius Rachmat, “Designing and Developing an Agricultural Product Sales Application Catalog with a Hybrid Application Development Framework,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1077, no. 1, p. 012050, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1077/1/012050.

A. Satapathy, S. S. Sahoo, H. Raj, Y. Gupta, and S. Maity, “Website on Smart Project Management System by Application of Scrum Technology,” Smart Innov. Syst. Technol., vol. 153, pp. 675–683, 2021, doi: 10.1007/978-981-15-6202-0_68.

S. H. Ardimansyah, “Implementasi algoritma greedy pada aplikasi penjualan berbasis android 1,2,” pp. 1063–1069, 2019.

M. Syahlan, A. Syam, F. M. Faqi, N. Ahmad, and G. Basri, “Sistem Informasi Jasa Wedding Organizer Dengan Fitur Pemilihan Paket Otomatis Menggunakan Algoritma Greedy Pada Koya Wedding,” vol. IX, no. 2, pp. 190–202, 2020.

N. Ruseno, “Implementasi Scrum pada Pengembangan Aplikasi Sistem Reservasi Online Menggunakan PHP,” Gerbang, vol. 9, no. 1, pp. 8–15, 2019. Available: http://jurnal.stmik.banisaleh.ac.id/index.php/JIST/article/view/61.

R. Risnawati, A. Muhammad, and F. Fatmasari, “Analisis dan perancangan perangkat lunak penjualan menggunakan metode scrum (studi kasus cv. Rizki mandiri tebat jaya belitang),” J. Mhs. Tek. Inform., 2014.

A. Yunata and Q. Widayati, “Penjadwalan Pembuatan Aplikasi Container Portacamp Menggunakan Php,” pp. 183–195.

T. Wijaya, “Penerapan Metode Scrum Dan Virtual Private Network Dalam Perancangan Sistem Ordersales,” CCIT J., vol. 11, no. 1, pp. 115–125, 2018, doi: 10.33050/ccit.v11i1.565.

W. Suharso, B. I. Wicaksono, and G. I. Marthasari, “SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Scrum dan Algoritma Cocomo Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak,” vol. 4, no. 1, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v7i1.30625

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License