The Plant Marketplace Indonesia in Android on Pagar Alam Nursery
DOI:
https://doi.org/10.24114/cess.v7i1.29792Keywords:
UMKM, The Plant Marketplace, Android, Pagar Alam NurseryAbstract
Dunia tanaman saat ini sedang menjadi suatu hal yang mulai digemari oleh masyarakat umum, khususnya untuk tanaman-tanaman hias. Oleh karena itu, saat ini telah muncul berbagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (yang sering disingkat UMKM) dalam bidang pelestarian serta penjualan tanaman. Salah satu UMKM bidang tanaman yang berada di Propinsi Sumatera Selatan adalah Pagar Alam Nursery. Semenjak Pagar Alam Nursery beroperasi, banyak masyarakat yang memperoleh lapangan pekerjaan melalui UMKM tersebut. Selain itu, berbagai jenis tanaman endemik yang tumbuh khususnya di daerah Kota Pagar Alam dapat dilestarikan dan juga disebarkan ke beberapa pencinta tanaman lainnya. Akan tetapi, Pagar Alam Nursery merasakan dampak dari keadaan Pandemi Covid-19 yang menerapkan berbagai pembatasan gerak masyarakat. Hal ini menyebabkan tidak adanya lagi konsumen yang datang berkunjung ataupun membeli tanaman-tanaman hias dari Pagar Alam Nursery. Oleh karena itu, agar UMKM ini dapat terus beroperasi dengan baik, maka peneliti memberikan solusi untuk mengembangkan The Plant Marketplace dalam Android terhadap proses Pengenalan hingga Penjualan Pagar Alam Nursery. Selain itu, penelitian ini perlu dilakukan karena sangat dibutuhkan aplikasi android yang khusus mewadahi informasi lengkap mengenai tanaman endemik yang dimiliki oleh Indonesia, tidak hanya sebatas aplikasi jual beli. Hal ini juga dapat mempertahankan kekayaan alam khususnya tanaman yang memang benar dimiliki dan berasal dari Indonesia. Pengembangan Aplikasi Android ini juga dilakukan untuk memperluas komunikasi antar pencinta tanaman yang ada di Indonesia, dimulai dari Pagar Alam Nursery karena mengingat saat ini persentase masyarakat yang menggunakan Android sudah sangat dominan. Setelah aplikasi The Plant Marketplace dapat digunakan oleh masyarakat serta berjalan dengan baik pada Pagar Alam Nursery, maka aplikasi android ini akan disosialiasikan kepada pencinta tanaman di Indonesia sehingga dapat disebut sebagai œThe Plant Marketplace Indonesia.References
A. Bachri and E. W. Utomo, œPrototype penyiram tanaman otomatis dengan sensor kelembaban tanah berbasis Atmega 328, JE-Unisla, vol. 2, no. 1, 2017.
D. Harefa, œPemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Madani Indones. J. Civ. Soc., vol. 2, no. 2, pp. 28“36, 2020.
K. Sedyastuti, œAnalisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global, INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 117“127, 2018.
D. Apriadi and A. Y. Saputra, œE-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian, J. Resti (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 2, pp. 131“136, 2017.
S. Chaeruddin, I. Sukarsih, and Respitawulan, œPemilihan Marketplace Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode MOORA, CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Scence), vol. 6, no. 2, pp. 1“6, 2021.
R. Yustiani and R. Yunanto, œPeran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi, Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 43“48, 2017.
E. Maiyana, œPemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa, J. Sains dan Inform. Res. Sci. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 54“65, 2018.
F. Sifauttijani, T. Listyorini, and R. Meimaharani, œPencarian Rumah Makan Berbasis Android, Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 309“316, 2017.
N. Huda, œAplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah bagi Penyandan Disabilitas Tuna Runggu, J. SISFOKOM, vol. 8, no. 1, pp. 1“6, 2019.
F. E. Nugroho, œPerancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku, Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 717“724, 2016.
S. Kosasi and I. D. A. E. Yuliani, œPenerapan Rapid Application Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online, Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, pp. 27“36, 2015.
D. Susandi and Sukisno, œSistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear, JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, 2017.
B. C. Neyfa, D. Tamara, and G. S. Salsabila, œPerancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD), J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 20, no. 1, pp. 83“91, 2016.
A. Husain, A. H. A. Prastian, and R. Andre, œPerancangan sistem absensi online menggunakan android guna mempercepat proses kehadiran karyawan Pada PT. Sintech berkah abadi, Technomedia J., vol. 2, no. 1, pp. 105“116, 2017.
F. Laia and E. Hutabri, œPerancangan Aplikasi E-Futsal Sports Berbasis Android Di Kota Batam, CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Scence), vol. 5, no. 2, pp. 216“220, 2020.
A. Mulyana and H. Wijaya, œPerancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android, Komputika J. Sist. Komput., vol. 7, no. 2, pp. 63“69, 2018.
R. Agustina, D. Suprianto, and I. Muslimin, œAnalisis Perancangan Pemesanan Makanan Menggunakan Smartphone Berbasis Android, Smatika J., vol. 7, no. 2, pp. 26“30, 2017.
Bahagia, D. Satria, and H. Ahmadian, œPerancangan SIstem Informasi Manajemen Data Korban Bencana Berbasis Mobile Android, JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 3, no. 2, pp. 22“30, 2017.
Y. Yudhanto and A. Wijayanto, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Elex Media Komputindo, 2018.
S. Haryati, A. Sudarsono, and E. Suryana, œImplementasi Data Mining untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa menggunakan Algoritma C4. 5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu), J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, 2015.
A. Firdianti, Implementasi Manajemen berbasis Sekolah dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing, 2018.
R. I. Ndaumanu, œPerancangan Sistem Informasi Persediaan Obat pada Apotek Rumah Sakit menggunakan Metode Spiral, J-Icon J. Komput. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 18“27, 2020.
Y. Mulyanto and Y. Karisma, œRancang Bangun Sistem Monitoring Perkembangan Anak di TKIT Taamasa menggunakan Metode Spiral, J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 3, pp. 190“195, 2020.
S. Wahyuni and N. Cahyani, œPenerapan Model Spiral dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Berbasis Website (Studi Kasus: PT. Dinar Makmur Cikarang), Informatics Digit. Expert, vol. 2, no. 1, 2020.
K. Puspita, Y. Alkhalifi, and H. Basri, œRancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Website dengan Metode Spiral, Paradigma, vol. 23, no. 1, 2021.
M. A.-G. Rajmah, M. Adrian, and M. B. Sanjaya, œAplikasi Alchemist Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pembelajaran Kimia SMA, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.