Designing a User Interface and User Experience for the Quiz Application Seberapo Palembang Kamu Using a User Centered Design (UCD) Approach

Rasmila Rasmila, Andri Ramadoni, Alex Wijaya, Siti Sauda

Abstract


Pengenalan terhadap budaya Kota Palembang seharusnya sudah diperkenalkan saat masih menginjak masa kanak-kanak, yang merupakan masa pembelajaran tentang kehidupan di sekitarnya dan diharapkan generasi penerus dapat memahami dan menghargai warisan budaya tersebut sehingga budaya Palembang dapat terus hidup dan terjaga kelestariannya di masa depan, kurangnya kesadaran tentang budaya asli Kota Palembang di kalangan remaja maupun anak-anak sejak usia dini, disebabkan oleh pengaruh budaya luar yang menawarkan konten dan teknologi yang lebih menarik. Hal ini memberikan ide kepada penulis yaitu bagaimana membuat sebuah media yang dapat menarik minat masyarakat untuk mengenal kebudayaan daerah Kota Palembang salah satunya dapat memanfaatkan aplikasi mobile dengan pendekatan user interface user experience sebagai dasar untuk menentukan alur dan fungsionalitas aplikasi kuis yang berisikan konten sejarah, kebudayaan, ciri khas terhadap Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh desain antarmuka Kuis Seberapo Palembang Kamu, penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang fokus pada aspek antarmuka dan pengalaman pengguna. UCD terdiri dari empat tahapan yaitu Understand context of use, Specify User Requirements, Design Solution, dan Evaluate design against user requirement. Setelah tahapan ini diselesaikan, aplikasi dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan diuji menggunakan kuesioner untuk mengevaluasi hasil desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile Kuis Seberapo Palembang Kamu telah berhasil dirancang dan divalidasi oleh calon pengguna.

Introduction to the culture of Palembang City should have been introduced while still in childhood, which is a period of learning about life around it and it is hoped that the next generation can understand and appreciate this cultural heritage so that Palembang culture can continue to live and maintain its sustainability in the future, lack of awareness about the original culture of Palembang City among teenagers and children from an early age, due to outside cultural influences that offer more interesting content and technology. This gives the author an idea, namely how to create a media that can attract people's interest in getting to know Palembang's regional culture, one of which can be utilizing a mobile application with a user interface user experience approach as a basis for determining the flow and functionality of a quiz application that contains historical, cultural, feature content. unique to the city of Palembang. The purpose of this study was to obtain an interface design for the Seberapo Palembang Kamu Quiz, this study used the User Centered Design (UCD) method which focuses on aspects of the interface and user experience. UCD consists of four stages, namely Understand context of use, Specify User Requirements, Design Solution, and Evaluate design against user requirements. After these stages are completed, the application is designed according to user requirements and tested using a questionnaire to evaluate the design results. The results of the study show that the Kuis Seberapo Palembang Kamus mobile application has been successfully designed and validated by prospective users.


Keywords


Budaya; Kuis; user interface; user experience; user centered design

Full Text:

PDF

References


M. Multazam, I. V Paputungan, and B. Suranto, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design,” 2020. [Online]. Available: journal.uii.ac.id

S. A. Abdallah Umar and R. Isyawati Permata Ganggi, “Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada Ijateng,” 2019. [Online]. Available: https://kominfo.go.id

Y. Arie Sandi, I. Ma, ruf Nugroho, and Y. Raymond Ramadhan, “Penerapan Metode Ucd Untuk Perancangan UI Dan UX Dalam Membangun Fitur Mentor On Demand Dan Live Chat Pada Website Skilvul,” 2022.

R. B. Solichuddin and E. G. Wahyuni, “Perancangan User Interface dan User Experience dengan Metode User Centered Design pada Situs Web Kalografi,” 2021. [Online]. Available: dspace.uii.ac.id

J. Perbanas et al., “‘Towards Economic Recovery by Accelerating Human Capital and Digital Tranformation’ Perbanas Institute-SNAP_2021_FULL PAPER_43 Menggunakan UI dan UX Untuk Anak Usia 5-13 Tahun,” 2021. [Online]. Available: journal.perbanas.id

M. T. Firmansyah, R. Fauzi, S. Fajar, and S. Gumilang, “Perancangan User Interface Dan User Experience Mobile Application Sibengkel Untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna Dengan Metode User-Centered Design (UCD),” 2020. [Online]. Available: telkomuniversity.ac.id

M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.

Dewaweb Team, “Pengertian User Interface, Fungsi dan Karakteristiknya,” dewaweb.com, May 2021. https://www.dewaweb.com/blog/user-interface/ (accessed Jan. 18, 2022).

Rasmila, “Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di,” 2018.

Rasmila, Ma. Kusumadya, F. Hidayat, and D. Chandra, “JIP (Jurnal Informatika Polinema) Analisis Website Petani Kode Menggunakan SUS (System Usabilty Scale),” 2022, [Online]. Available: www.binadarma.ac.id

M. Indra Gunawan, R. Indah Rokhmawati, and N. Hendrakusma Wardani, “Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Menggunakan Pendekatan User Centered Design (UCD) dan Card Sorting (Studi Kasus: Website Awake Project Malang),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

Y. V. Akay, A. J. Santoso, and F. L. S. Rahayu, “Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus : Kota Manado).”

I. S. Yatana Saputri, M. Fadhli, and I. Surya, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 269–278, Sep. 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v8i2.45038

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License