Analisis Usability dan User Experience pada Aplikasi CISEA PT. Bukit Asam Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ)

Rita Amelia, Ken Ditha Tania

Abstract


Suatu organisasi dapat mengatasi persaingan yang semakin ketat dengan menggunakan teknologi informasi. Suatu organisasi dapat menjadi lebih baik dalam melakukan segala kegiatan operasionalnya jika dapat memanfaatkan keunggulan teknologi. Aplikasi CISEA adalah aplikasi yang digunakan perusahaan sebagai media informasi dan komunikasi karyawan. Peneliti mengevaluasi pengalaman dan kemampuan pengguna menggunakan aplikasi CISEA. Analisis dilakukan menggunakan metode yaitu pada aspek pengalaman pengguna menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan aspek Usability menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil pengukuran kebergunaan (usability) menggunakan pengujian SUS yang diberikan kepada 30 responden diperoleh nilai rata-rata skor SUS mencapai 82.5 maksudnya aplikasi CISEA dalam kategori “excellent” dengan penilaian grade skor yaitu “B” yang menyatakan aplikasi CISEA bisa diterima oleh pengguna. Hasil kepada 30 responden dengan enam elemen pengukuran kuesioner UEQ, yang meliputi apsek attractivesness (Daya Tarik) mendapat nilai rata-rata 1,22 memberikan nilai posistif/baik, aspek perspicuity (Kejelasan) mendapat nilai 1,26 memberikan nila positif/baik, aspek efficiency (efisiensi) mendapat nilai 1,18 memberikan nilai positif/baik, aspek dependability mendapat nilai 0,96 memberikan nilai positif/baik, aspek stimulation (stimulasi) mendapat nilai 0,82 memberikan nilai yang positif atau baik serta elemen inovatif (kebaruan) mendapatkan nilai 0,89 memberikan nilai positif/baik.


Keywords


usability; user experience; system usability scale (SUS); user experience questionnaire (UEQ)

Full Text:

PDF

References


D. S. Irawati and D. Pibriana, “Perbandingan Kualitas Dua E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual,” vol. 2, no. 2, pp. 251–264, 2021.

Wijaya, I. N. S. W., et al. "Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna patik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)." Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) 8.2 (2021): 217-226.

Prasetyo, Rian, et al. "Evaluasi Penggunaan Software Lathe Simulator Dengan Menggunakan User Experience Questionaire." Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI. Vol 7.3 (2022): 200.

Rachmawati, Isnaeni, and Resad Setyadi. "Evaluasi Usability Pada Sistem Website Absensi Menggunakan Metode SUS." Journal of Information System Research (JOSH) 4.2 (2023): 551-561.

Putri, Ike Kusuma, Satrio Hadi Wijoyo, and Yusi Tyroni Mursityo. "Analisis usability dan pengalaman pengguna pada aplikasi pemesanan budget hotel menggunakan user experience questionnaire (ueq)(studi kasus pada Airy Rooms)." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 3.7 (2019): 6748-6756.

Nugroho, Kurnianto Tri, Bagus Julianto, and Danny Febryan Nur. "Usability Testing pada Sistem Informasi Manajemen AKN Pacitan Menggunakan Metode System Usability Scale." Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI 11.1 (2022): 74-83.

Rao, Rita Aishwarya, and Resad Setyadi. "Analisis UX Pada Aplikasi SISMIOP Bapenda Kab. Pemalang Menggunakan Metode User Experience Questionnaire." KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer 3.6 (2023): 1263-1271.

Febrianto, Wibiansya Analis, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, and Andi Reza Perdanakusuma. "Analisis pengalaman pengguna aplikasi sistem informasi puskesmas paperless menggunakan metode usability testing dan user experience questionnaire -](UEQ)(Studi Kasus: Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo)." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3.6 (2019): 6099-6106.

Febrianto, Wibiansya Analis, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, and Andi Reza Perdanakusuma. "Analisis pengalaman pengguna aplikasi sistem informasi puskesmas paperless menggunakan metode usability testing dan user experience questionnaire (UEQ)(Studi Kasus: Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo)." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3.6 (2019): 6099-6106.

Brooke, John. "SUS: a retrospective." Journal of usability studies 8.2 (2013): 29-40.

Nugroho, Kurnianto Tri, Bagus Julianto, and Danny Febryan Nur. "Usability Testing pada Sistem Informasi Manajemen AKN Pacitan Menggunakan Metode System Usability Scale." Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI 11.1 (2022): 74-83.

Ardiansyah, Dimas Okta. "Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung)." Jurnal Bisnis dan Manajemen UNMER 3.1 (2016): 75118.

Hartzani, A. G. "Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital Ovo Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)." Islam Negeri Syarif Hidayatullah (2021).

Savitri, Meita Maulani, et al. "Analisis User Experience Aplikasi pedulilindungi Pada Pusat Perbelanjaan di Kota Semarnag." J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan 5.1 (2023): 8-14.

Ariansidi, Mohamad, I. Made Candiasa, and I. Made Gede Sunarya. "Analisis Usability Pada Sistem Informasi LAPORBUP Menggunakan Performance Measurement, Retrospective Think Aloud dan User Experience Questionnaire." KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer 3.6 (2023): 754-764.

Saputra, Hendra, and Miftahul Falah. Analisis User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Stmik Palcomtech Palembang Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq). Diss. STMIK Palcomtech, 2020.

Schrepp, Martin, and Jörg Thomaschewski. "Handbook for the modular extension of the User Experience Questionnaire." Mensch & Computer. 2019.

Iryanto, Muhammad Ulul Albab, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, and Admaja Dwi Herlambang. "Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3.7 (2019): 7093-7101.

Masruroh, Achlis Amalia, Ratna Juita, and Bertha Pangaribuan. "Analisis Kepuasan Penggguna Pada Layanan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)." INFORMAL: Informatics Journal 8.2 (2023): 143-155.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.54728

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License