Perancangan UI/UX Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMTA) Menggunakan Metode Double Diamond

Farah Asy-syifa Mujahidah, Dian Prawira, Ferdy Febriyanto

Abstract


Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merupakan salah satu fakultas di Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang menggunakan sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang bernama Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMTA). SIMTA yang digunakan oleh FMIPA UNTAN bertujuan untuk mengelola pelaksanaan tugas akhir hingga memantau aktivitas mahasiswa seperti riwayat bimbingan. Namun, proses bisnis pada SIMTA ini tidak sesuai dengan teknis pelaksanaan tugas akhir pada masing-masing jurusan yang ada di FMIPA UNTAN. Hal ini mengakibatkan tidak digunakannya SIMTA oleh hampir semua jurusan yang ada di FMIPA UNTAN. Maka dari itu, dilakukan perancangan antarmuka yang bertujuan untuk menciptakan tampilan beserta proses bisnis dari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Double Diamond yang memiliki 4 tahap, diantaranya Discover, Define, Develop, dan Deliver. Pada tahap Deliver, dilakukan pengujian dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap rancangan antarmuka yang telah dibuat. Dari pengujian yang telah dilakukan, didapatkan skor SUS dengan nilai rata-rata sebesar 85,75, Acceptability Ranges Acceptable”, Grade Scale ”B”, dan Adjective RatingsExcellent”. Berdasarkan hasil pengujian, dapat dikatakan bahwa perancangan antarmuka yang telah dihasilkan dapat diterima oleh pengguna, sehingga antarmuka dapat diimplementasikan menjadi sebuah sistem informasi.


Keywords


User Interface; User Experience;Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir; Double Diamond; System Usability Scale (SUS)

Full Text:

PDF

References


N. Satyahadewi dan N. Mutiah, “Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir (SIMTA) Berbasis Web Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura,” Computer Engineering, Science and System Journal, vol. 4, no. 1, hlm. 83–87, Feb 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11796.

M. Oktaviana, A. Nurlifa, A. A. Suryanto, dan F. Amaluddin, “Perancangan UI/UX E-Tracer Study UNIROW dengan Menggunakan Metode Doubel Diamond,” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 6, no. 1, hlm. 71–81, 2023, doi: 10.29408/jit.v6i1.7397.

E. F. F. Usmanto, “Implementasi Double Diamond Framework Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Biodiversity Information and Guidance System (Bigs) Berbasis Android (Studi Kasus: Geopark Belitong),” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.

G. Dwi Putri Haryanto, A. Ali Ridha, dan T. Ridwan, “Perancangan UI/UX SIM dan Monitoring Tugas Akhir Menggunakan Metode Design Thinking,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, hlm. 1287–1294, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.7177.

Amimah, “Evaluasi User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi JRKU Menggunakan User Centered Design (UCD),” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

D. O. Putra, “Evaluasi User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) pada Website Pendaftaran Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang,” Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021.

A. Sadat, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tenggara.,” Buletin Utama Teknik, vol. 14, no. 3, hlm. 200–204, 2019.

Design Council, “Framework for Innovation,” Design Council.

Muhammad Farhan dan Ari Sujarwo, “Perancangan Prototipe Aplikasi Antrean Berbasis Mobile Menggunakan Metode Double Diamond,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, vol. 4, no. 1, hlm. 8–19, 2022.

T. J. Maulani, Suprapto, dan A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com.,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 6, hlm. 2639–2645, 2021.

A. Perwitasari dan M. A. Irwansyah, “Model Prototipe dan Analisis Use Case pada Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Pengajuan Dokumen Kependudukan,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 7, no. 2, hlm. 175–180, 2021, doi: 10.26418/jp.v7i2.47976.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i2.59030

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License