Design and Build a Travel Taxi Ordering Application Using the FIFO Algorithm and the Flutter Framework

Susanto Susanto, Nurul Mutiah, Dian Prawira

Abstract


Antrian merupakan suatu keadaan dimana seseorang harus menunggu gilirannya untuk mendapatkan pelayanan. Seringkali antrian menjadi suatu masalah bagi masyarakat ataupun sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan. Hal ini terjadi pada PT. Citra Surya Sejati, dimana proses pemesanan taksi masih manual dan disana penumpang harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan. Disisi lain PT. Citra Surya Sejati juga mengalami permasalahan dimana pencatatan laporan pemesanan taksi masih menggunakan cara manual dengan mencatatnya dibuku, sehingga diperlukan sebuah sistem untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem yang akan dibuat oleh peneliti menggunakan algoritma First In First Out untuk konfirmasi pesanannya, sehingga penumpang yang pertama kali memesan akan pertama kali mendapatkan pelayanan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis Mobile untuk penumpang, sedangkan admin berbasis Website. Sistem ini telah dilakukan pengujian dengan menggunakan metode black box testing. Seluruh fungsionalitas sistem berjalan sesuai dengan perancangan yang telah dibuat sebelumnya dan antarmuka sistem memperoleh persentase 81,64% yang masuk ke dalam kategori Baik Sekali.  

Queuing is a situation where a person has to wait for his turn to get service. Often queues become a problem for the community or a company that provides services. This happened to PT. Citra Surya Sejati, where the taxi ordering process is where passengers have to queue to get service. On the other hand PT. Citra Surya Sejati also experienced a problem where the recording of taxi order reports still used the manual method by recording them in a book, so a system was needed to overcome this problem. The system that the researcher will create uses the First In First Out algorithm to confirm orders, so that passengers who order for the first time will receive service first. The results of this study are in the form of a Mobile-based application for passengers, while the Website-based admin. This system has been tested using the black box testing method. All system functionality goes according to the design that has been made before and the system interface gets a percentage of 81.64% which is in the Very Good category.  


Keywords


Queuing; First In First Out; PT. Citra Surya Sejati; System; Order

Full Text:

PDF

References


U. Ependi, F. Panjaitan, and F. Syakti, “Pengembangan Aplikasi Mobile Travel Guide pada Provinsi Sumatera Selatan,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 3, p. 607, 2020.

D. Darmawanto, “Perancangan dan Implementasi Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web dengan Algoritma FIFO(First In First Out).”

F. Nazareta, I. Fitri, and F. Fauziah, “Metode Antrian First In First Out Berbasis Website Pada Sistem Reservasi Gadget,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 1759–1771, 2021.

M. Ary, “Pendekatan Teori Antrian Single Channel Single Phase Pada Pelayanan Administrasi,” Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 3, no. 1, p. 21, 2018.

R. A. Zulfikar, A. A. Supianto, F. I. Komputer, and U. Brawijaya, “Design and Development of Mobile-Based Polyclinic Queue,” vol. 5, no. 3, pp. 361–370, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853891.

A. Andipradana and K. Dwi Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 161–172, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.869.

R. Ndaru and R. Ahbati, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Umrah Menggunakan Algoritma First In First Out ( FIFO ) Berbasis Website,” 2020, [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/949

G. Idan Arb and K. Al-Majdi, “A Freights Status Management System Based on Dart and Flutter Programming Language,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1530, no. 1, 2020.

P. S. Rao, B. Pavan, A. Srivastava, K. V. Amani, and A. Sharma, “Distinction of Mobile Frameworks : Flutter VS Native Apps,” Int. Res. J. Mod. Eng. Technol. Sci., no. 06, pp. 2422–2427, 2022.

E. Helmud, “Optimasi Basis Data Oracle Menggunakan Complex View,” J. Informanika, vol. 7, no. 1, pp. 80–86, 2021.

M. Syarif et al., “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunia pada Transaksi E-Commerce,” vol. 4, no. 1, 2020.

A. R. Hevner, S. T. March, J. Park, and S. Ram, “Design science in information systems research,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 28, no. 1, pp. 75–105, 2004.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v8i2.43792

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License