Evaluasi Usability Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

Authors

  • I Putu Prima Ananda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Ria Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Agus Oka Gunawan Universitas Tabanan
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kegunaan; System Usability Scale (SUS); MyTelkomsel; Pengalaman Pengguna; Aplikasi Mobile

Abstract

Aplikasi mobile yang user-friendly menjadi elemen kunci dalam menjaga kepuasan pengguna di era digital. MyTelkomsel, salah satu aplikasi seluler terkemuka di Indonesia, menghadapi tantangan dalam memastikan kegunaannya seiring dengan pengembangan fitur yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan aplikasi MyTelkomsel menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang merupakan pendekatan kuantitatif untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna. Sebanyak 56 responden, terdiri dari pengguna baru dan lama, berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar 72, yang mengindikasikan tingkat kegunaan yang baik, meskipun terdapat area spesifik yang memerlukan perbaikan, seperti konsistensi fungsional dan kemudahan penggunaan. Pengguna baru menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi dengan skor rata-rata 75 dibandingkan pengguna lama dengan skor rata-rata 70. Penelitian ini memberikan wawasan untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan pengalaman pengguna melalui perbaikan desain aplikasi.

Author Biographies

I Putu Prima Ananda, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Ilmu Komputer Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Putu Ria Anggreni, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Ilmu Komputer Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

I Made Agus Oka Gunawan, Universitas Tabanan

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Tabanan

Gede Indrawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Ilmu Komputer Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesh

References

[1] I. G. Hendrayana et al., E-Money : Panduan Lengkap Penggunaan dan Manfaat E-Money dalam Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=7sQLEQAAQBAJ

[2] N. Huda, M. D. Tri Lisandi, H. Tirta Albanna, M. F. Rhomadon, J. Rahma Hidaya, and F. Habrizons, “Analisis Kepuasaan Pengguna Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan Metode System Usability Scale,” Simkom, vol. 9, no. 2, pp. 124–133, 2024, doi: 10.51717/simkom.v9i2.381.

[3] J. Manajemen and P. Nationally, “Pengaruh gamifikasi loyalitas program redclub terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan di aplikasi reddoorz,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2022, no. Sinta 4, pp. 219–227, 2024.

[4] D. Julianti, “Strategi Kebijakan Penguatan Pelayanan Dengan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi,” J. Ilmu Pemerintah. Dan Adm. Publik, vol. 2, no. 2, pp. 324–363, 2024.

[5] R. Ananda Kristi, “Perancangan Desain Ui_Ux Aplikasi Penyewaan Florist Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 4, p. 11, 2023, doi: 10.47065/josh.v5i4.5511.

[6] R. Hiariej, N. Setiyawati, F. Teknologi, D. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Tugas Akhir Fti Uksw Menggunakan User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 6, no. Desember, pp. 58–63, 2022.

[7] P. Sa’adah, G. W. N. Wibowo, and R. H. Kusumodestoni, “Analisis Kegunaan Aplikasi GoPay Berdasarkan Metode System Usability Scale,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 1, pp. 533–542, 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i1.13726.

[8] D. P. Kesuma, “Evaluasi Usability Pada Web Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan System Usability Scale,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 212–222, 2020, doi: 10.35957/jtsi.v1i2.518.

[9] I. K. Dewi, Y. T. Mursityo, R. Regasari, and M. Putri, “Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 8, pp. 2909–2918, 2018, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1770

[10] P. A. Lestari, I. Aknuranda, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2269–2275, 2019.

[11] D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 130–143, 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6584.

[12] Woopra, “User Experience Analytics: Making Data-Driven UX Decisions,” http://woopra.com, 2023. https://www.woopra.com/blog/user-experience-analytics

[13] B. P. Statistik, “Statistik Daerah Provinsi Bali 2020,” bali.bps.go.id, 2020. https://bali.bps.go.id/id/pressrelease/2021/01/21/717592/hasil-sensus-penduduk-2020-provinsi-bali.html

[14] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), “Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2020,” https://apjii.or.id, 2020. https://apjii.or.id

[15] Telkomsel, “MyTelkomsel App Features,” https://www.telkomsel.com/, 2024. https://www.telkomsel.com/

[16] J. Lazar, J. H. Feng, and H. Hochheiser, Research Methods in Human-Computer Interaction. 2021.

[17] J. Preece, H. Sharp, and Y. Rogers, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction. Wiley, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=n0h9CAAAQBAJ

[18] M. Fajaria and K. Ditha Tania, “Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 2, pp. 204–213, 2023.

[19] I. K. Raharjana et al., Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence: Volume 3 Number 2, Oktober 2017. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=3_90DwAAQBAJ

[20] J. Lewis, “Measuring Perceived Usability: SUS, UMUX, and CSUQ Ratings for Four Everyday Products,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 35, pp. 1404–1419, Jan. 2019, doi: 10.1080/10447318.2018.1533152.

[21] P. Sintia and E. Supratman, “Desain UI/UX Pengelolaan Sampah Sebagai Media Pembayaran SPP Taman Kanak-Kanak Menggunakan Metode Design Thinking,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng. Vol 7 No 2 (2023)DO - 10.35145/joisie.v7i2.3439 , Dec. 2023, [Online]. Available: https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/3439

[22] J. Lewis and J. Sauro, “Item Benchmarks for the System Usability Scale,” vol. 13, pp. 158–167, May 2021.

[23] C. S. de Almeida et al., “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara,” Rev. Bras. Linguística Apl., vol. 5, no. 1, pp. 1689–1699, 2016, [Online]. Available: https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

I Putu Prima Ananda, Ni Putu Ria Anggreni, I Made Agus Oka Gunawan, & Gede Indrawan. (2025). Evaluasi Usability Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 10(1), 80–93. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/65873