Perancangan Aplikasi E-Futsal Sports Berbasis Android Di Kota Batam

Firdaus Laia, Ellbert Hutabri

Abstract


Futsal sebagai salah satu cabang olahraga yang diminati di hampir seluruh wilayah Indonesia dari berbagai kalangan usia, salah satunya Kota Batam. Banyaknya peminat olahraga ini, membuat penyewaan lapangan futsal menjadi salah salah usaha yang cukup menjanjikan. Akan tetapi saat ini, pemesanan lapangan futsal masih dilakukan secara manual, pelanggan yang ingin melakukan pemesanan lapangan futsal diharuskan untuk langsung mendatangi lokasi lapangan futsal dalam melakukan pembayaran dan pemesanan lapangan futsal. Penelitian ini berupaya memberikan solusi dalam memfasilitasi pelanggan saat melakukan pemesanan lapangan futsal, yang dimana akan dirancang sebuah aplikasi E-Futsal Sports berbasis android. Aplikasi yang dirancang akan membantu pelanggan dalam melihat secara langsung ketersediaan lapangan, fasilitas lapangan, harga lapangan, lokasi lapangan serta dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan beberapa metode pembayaran yang tersedia, salah satunya pembayaran melalui Go-Pay. Selain itu, penyedia lapangan futsal juga dapat mengelola informasi lapangan futsalnya. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone android. Dengan bantuan aplikasi ini, diharapkan dapat memfasilitasi peminat olahraga futsal dan penyedia lapangan futsal khususnya Di Kota Batam.

Keywords


E-Futsal Sports, Penyewaan Lapangan, Futsal, Aplikasi, Android, UML

Full Text:

PDF

References


Ardiansah, Y., & Hartanto, A. D. (2015). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Ready For Battle Futsal Berbasis Android. Jurnal Ilmiah, 16(1), 63–68.

Fadli, S. (2018). Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 1(1), 57. https://doi.org/10.36595/jire.v1i1.33

Hendrawan, Nugroho, A., & Safirman, M. R. (2015). Perancangan Sistem Aplikasi Rekam Medik Pada Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Media Processor, 10(1), 406–412.

Hutabri, E. (2019). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 1(2), 57–62.

Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Anak Sekolah Dasar Ellbert. Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 08(02), 57–64. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Informatika.

Sadewo, A. D. B., Widasari, E. R., & Muttaqin, A. (2017). Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(5), 415–425.

Siswanto, H. (2015). Manajemen Walet Muda Futsal Akademi Kabupaten Kebumen Tahun 2012/2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1613–1620. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Sudaryono. (2015). Buku Metodologi Riset Di Bidang TI: Panduan Praktis, Teori Dan Contoh Kasus (1st ed.). Andi Offset.

Suryamen, H., Aminuddin, I., & Akbar, F. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Geografis Lapangan Futsal Kota Padang Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.25077/teknosi.v2i1.2016.45-54


Article Metrics

Abstract view : 933 times
PDF - 570 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

slot gacor slot