Marketing Applications of Android-Based Space Rent in the South Sumatra Light Rail Management Center Using the RAD Method

Muhammad Aldi Muthian, Rahayu Amalia

Abstract


Space rent adalah layanan kerjasama yang ditawarkan oleh Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan untuk calon mitra kerjasama. Space rent ialah layanan dalam bidang kerjasama yang cukup menjanjikan. Akan tetapi, untuk pemasaran dan reservasi space rent masih dilakukan secara manual dan diharuskan mengikuti proses bisnis yang sedang berjalan. Pada penelitian ini berupaya memberikan solusi untuk memfasilitasi pihak Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan dalam pemasaran dan promosi serta calon mitra kerjasama untuk reservasi space rent, yang dimana akan dibangun aplikasi pemasaran berbasis android menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Metode RAD yaitu metode yang relative singkat sehingga cukup efisien dan efektif dalam membangun aplikasi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pemasaran space rent menggunakan metode RAD yang dapat di akses melalui smartphone android. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu pemasaran, promosi, serta reservasi space rent.

Space rent is a cooperation service offered by the South Sumatra Light Railroad Management Center for potential cooperation partners. Space rent is a service in the field of cooperation that is quite promising. However, marketing and space rent reservations are still done manually and are required to follow ongoing business processes. This research seeks to provide a solution to facilitate the South Sumatra Light Railroad Management Center in marketing and promotion as well as prospective partners for space rental reservations, which will develop an Android-based marketing application using the Rapid Application Development (RAD) development method. The RAD method is a relatively short method so it is quite efficient and effective in building applications. The results of this study are space rental marketing applications using the RAD method which can be accessed via an Android smartphone. With this application, it is hoped that it can help with marketing, promotion, and reservation of space rent.


Keywords


Space rent; Android; BPKARSS; RAD; Marketing

Full Text:

PDF

References


F. R. Khalishan and N. Hermina, “Pengaruh Content Marketing dan Price Discount terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Bandung).” [Online]. Available: http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

N. Azis, “Analisa dan Pancangan Aplikasi Jasa Transaksi Keuangan Pada PT. Tri Perkasa Garmindo.” [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/issue/archive

M. Bahrun, P. Informatika, and U. Majalengka, “Rancang Bangun Aplikasi Rental Bus Pariwisata Berbasis Web Dan Android (Studi Kasus : PO. Metropolitan Maja),” Semin. Nas. Tek. Elektro, Sist. Informasi, dan Tek. Inform., pp. 123–128, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/snestikdanhttps://snestik.itats.ac.id

L. S. Mardianti, F. Pralienka, B. Muhammad, and A. Sumarudin, “Aplikasi Mobile Android Pemesanan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Majalengka Menggunakan Metode RAPID Application Development,” Semin. Nas. Teknol. Terap., pp. 91–98, 2021.

P. Aisyah and N. Ika Kusuma Wardhani, “Pengoptimalan Manfaat Penerapan Pemasaran Digital Menggunakan Media Sosial Tiktok Di PT. Victory International Futures Cabang Spazio Surabaya (Studi Pada PT. Victory International Futures Kota Surabaya),” 2023. [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

S. Sembiring, “Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End of File,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. IV, pp. 45–51, 2020.

M. Amdi Rizal, I. Ahmad, N. Aftirah, and W. Lestari, “Aplikasi Inventory Persediaan Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus : Esha 2 Cell),” 2022.

A. Febri Wibianto, “Penerapan Fitur Recycleview Library JSON Dan Metode String Matching Pada Pembangunan Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Marga Sakti Berbasis Android.”

M. Rizky, A. Kurniawati, A. F. Rizana, P. Studi, T. Industri, and R. Industri, “Perancangan Sistem Informasi Aktivitas Penjualan Dan Monitoring Persediaan Barang Berbasis Web Pada Toko Kiss Secondbrand Menggunakan Metode RAPID,” vol. 8, no. 2, p. 2322, 2021.

S. D. Saputri, L. Andrawina, and N. A. Supratman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web Pada Sua Coffee Menggunakan Metode RAPID.”




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v8i2.48030

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License