Forward Chaining Algorithm and Simple Additive Weighting (SAW) in Smart HelpDesk Ticketing Information System

Authors

  • Ucup Maulana Universitas Nasional
  • Fauziah Fauziah Universitas Nasional
  • Ira Diana Sholihati Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v7i1.29750

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjadi solusi membantu tim helpdesk dalam mengelola proses dari membuat tiket hingga penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan algoritma kombinasi Forward Chaining untuk mengelola SLA (Service Level Agreement) pengerjaan tiket dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk prioritas pengerjaan tiket. Pengujian telah dilakukan sebanyak 600 data, metode forward chaining mencatat SLA pengerjaan tiket seperti urutan 1 sampai 20 berdurasi 7.9 jam indikator warna hijau, 21 sampai 40 durasi 6 jam berindikator kuning, 41 sampai 70 berdurasi 3 jam indikator hijau, 71 sampai 172 berdurasi 7 hari 19 jam indikator merah, 173 sampai 174 durasi 4 hari, 175 sampai 230 durasi 2 hari 21 jam, 231 sampai 260 berdurasi 8 jam berwarna kuning, 261 sampai 305 4 jam berwarna hijau, 306 sampai 325 berdurasi 7 hari 19 jam indikator merah, 326 sampai 345 berdurasi 12.6 jam berwarna kuning, 346 sampai 356 berdurasi 6.5 jam warna hijau, 357 sampai 469 berdurasi 7 hari 19 jam indikator merah, 470 sampai 475 berdurasi 4 hari, 476 sampai  556 berdurasi 2 hari 19 jam indikator merah, 557 sampai 576 berdurasi 23.9 jam berwarna kuning dan 577 sampai 600 berdurasi 7 jam serta berwarna hijau. Metode SAW mengurutkan prioritas pengerjaan berdasarkan bobot dan nilai awal yang telah ditentukan. Urutan 1 sampai 70 bernilai 100 diperingkat kesatu, 71 sampai 305 bernilai 55 diperingkat kedua, 306 sampai 356 dengan nilai 25 diperingkat ketiga, dan 357 sampai 600 bernilai 10 serta diperingkat keempat.

References

Wachid Daga Suryono, Ristu Saptono, dan Wiranto, "Implementasi Pengembangan Smart Helpdesk di UPT TIK UNS Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier," Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), hal. 39-43, 2017.

S. Sofyan, dan A. Winandar, "Aplikasi Helpdesk Mendukung Sistem Ticketing," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, hal. 1-6, 2017.

Hery Wahyudi, dan Riri Fajriah, "Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing Dengan Penerapan Algoritma Forward Chaining (Studi Kasus: PT Idemas Solusindo Sentosa)," Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer, vol. 4, no. 1, hal. 88-97, 2020.

Amriana Amriana, Albrecht Yordanus Erwin Dodu, dan Pebri Ramadhan Mas, "Pendeteksi Kerusakan Printer Menggunakan Metode Forward Chaining," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 12, no. 1, 2020.

Herianto, dan Mohammad Rasyid, "Penerapan Simple Additive Weight (SAW) Untuk Menentukan Prioritas Layanan Pada Sistem Pengaduan (Helpdesk) Di Universitas Darma Persada," Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, vol. VII, no. 1, 2017.

Ibnu Akil, "Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining dan Backward Chaining Pada Sistem Pakar," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, 2017.

Fata Nidaul Khasanah, dan Didik Setiyadi, "Uji Sensitivitas Metode Simple Additive Weighting Dan Weighted Product Dalam Menentukan Laptop," Bina Insani ICT Journal, vol. 6, no. 2, hal. 165-174, 2019.

I. Warman, dan R. Ramdaniansyah, "Analisis Perbandingan Kinerja Query Database Management System (DBMS) Antara MySQL 5.7.16 dan MariaDB 10.1," Jurnal TEKNOIF, vol. 6, no. 1, hal. 32-41, 2018.

Harfebi Fryonando, dan Tarmizi Ahmad, "Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan Keinginan Search Engine Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix," Jurnal Sains dan Teknologi Kalbi Scientia, vol. 4, no. 2, hal. 179-183, 2017.

Ni Putu Kerti Widyani, A.A Kompiang Oka Sudana, dan I Nyoman Piarsa, "Pengujian Performa Sistem Informasi Perpusatkaan Online pada Universitas Hindu Indonesia (Astakali UNHI) Menggunakan Tools GTmetrix," JITTER - Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2, no. 3, 2021.

Downloads

Published

2022-01-17