Perancangan Strategis SI/TI Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Provinsi NTT Menggunakan Framework Ward Dan Peppard

Olivia Maria Inacio Tavares, Ema Utami, Hanif Al Fatta

Abstract


Pemanfaatan SI/TI telah menjadi faktor utama penentu keunggulan kompetitif bagi setiap instansi. Diketahui masih terdapat banyak kekurangan dalam pemanfaatan SI/TI pada Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT, yakni belum ada integrasi sistem diantara setiap bidang kerja pada dinas, dimana sistem yang dibangun menggunakan basis data terpisah sehingga mengakibatkan implementasi SI/TI tidak berjalan secara maksimal, banyaknya kegiatan operasional yang berjalan secara manual sehingga mengakibatkan lambatnya proses pelayanan publik, hal ini dikarenakan belum adanya susunan rencana strategis yang sesuai dengan kebutuhan dinas. Melihat kondisi tersebut melalui penelitian ini akan dilakukan analisa perencanaan strategis SI/TI dengan memanfaatkan Framework Ward dan Peppard dalam menganalisis lingkungan bisnis dan lingkungan internal-eksternal SI/TI pada dinas. Rancangan yang dihasilkan mencakup analisa SWOT, Value Chain, PEST, Five Force Model serta McFarland Strategic Grid. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi portofolio SI/TI yang diharapkan mampu memudahkan kegiatan operasional serta meningkatkan keunggulan kompetitif pada dinas dengan instansi serupa lainnya.


Keywords


Perencanaan Strategis SI/TI; Framework Ward dan Peppard; Keunggulan Kompetitif; Portofolio SI/TI

Full Text:

PDF

References


Tavares, O. M. I., Analisis dan Perancangan Layanan Aspirasi dan Informasi Pada Kelurahan Oebufu, Jurnal Teknologi Terpadu: 5(2), pp. 226, 2019.

Romindo, R., Niar, H., Sipayung, R., Julyanthry, J., Yendrianof, D., Pelu, M. F. A., dan Purba, B., Sistem Informasi Bisnis, Edisi 1, 2020, Yayasan Kita Menulis.

Larasati, P. S., Evaluasi Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk), Doctoral dissertation, Yogyakarta, Indonesia: Universitas Islam Indonesia, 2019.

F. A. Winata, M. Miyasto, dan Y. Sugiarto, Pengaruh Kualitas Hubungan dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Lingkungan yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing dan Implikasinya pada Kinerja Perusahaan (Studi pada PT. Aga Pratama), Doctoral Dissertation. Semarang, Indonesia: Diponegoro University, 2016.

Widiati, I. Sholihah, U. Ema, dan Henderi, Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Sekolah Islam Terpadu. Creative Information Technology Journal: Vol 2.4: pp 329-340. 2015.

Arianto, M. F. R., Implementasi Pasal 86 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Pada Kedisiplinan Pegawai Kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Doctoral dissertation, Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang, 2018.

Irawan, Y., Perencanaan Strategis SI/TI dengan Menggunakan Framework Ward And Peppard di STIKES Hang Tuah Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer: 6(1), pp 25-32, 2017.

Krisnanto, D. M., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dengan Metode Ward and Peppard Pada SMA Fons Vitae, Skripsi, Jakarta, Indonesia: Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta, 2019.

Prasetyo, D. E., Wijaya, A F., Perencanaan Strategis SI/TI menggunakan Framework Ward and Peppard (Studi Kasus: PO. Blue Star). InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 10(3), pp 177-188, 2020.

D. Fitrawan, Analisis Perencanaan Strategis Di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Ilmu Administrasi: Vol 1.2. 2015.

W. A. Sudrajat, Penerapan Framework Zachman Dalam Perancangan Arsitektur Sistem Manajemen Penyusunan Anggaran Keuangan Daerah (Studi Kasus UPTD Graha Teknologi Sriwijaya).

Creative Information Technology Journal, 6 (1), pp 51-63. 2015.

M. S. Riani, Penerapan Zachman Framework pada Arsitektur Sistem Penggajian (Studi Kasus: PT. Anugerah Mitra Mulia). Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2 (1), pp 19-32. 2020.

Kasma, U., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Persaingan Kompetitif. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(3), pp 149-157, 2021.

A. Azis, T. Darmizal, Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Kampar (Model Strategis Ward dan Peppard). Jurnal CoreIT, Vol 2.2. 2016.

Fitrah, Muh., Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas dan studi kasus, 2018, CV Jejak (Jejak Publisher).

Ikhwan, A., dan Brajannoto, D., Analisis Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Ward dan Peppard. Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA), 1(1), pp 1-12, 2020.

Meftahudin, M., Putranto, A., dan Wijayanti, R., Penerapan Analisis SWOT dan Five Forces Porter Sebagai Landasan untuk Merumuskan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Pada Tin Panda Collection di Kabupaten Magelang). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 1(1), pp 22-30, 2018.

Kristanto, T., Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pada PT Adira Dinamika Multi Finance, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), pp 1-7, 2015.

Hardjanto, K., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang Dengan Metode Ward dan Peppard. Jurnal Teknologi Informasi dan komunikasi, 4(2), pp 88-99, 2016.

Putri, C. P. N., TA: Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi pada RSIA Putri Surabaya Berdasarkan Metode Ward and Peppard, Doctoral dissertation, Surabaya, Indonesia: Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, 2018.

Firmansyah, Y., dan Purwaningtias, D., Analisa Metodologi Ward & Peppard Dalam Penentuan Perencanaan Strategis SI/TI. CYBERNETICS, 1(02), pp 70-82, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i2.25691

Article Metrics

Abstract view : 713 times
PDF - 598 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License