Analisis Kualitas Jaringan Internet Menggunakan Metode Quality of Service (QoS) Pada Kantor FOLU Kementerian Kehutanan

Authors

  • Yoga Wanda Pratama STMIK Jayakarta
  • Thomas Budiman STMIK Jayakarta
  • Anton Zulkarnain Sianipar STMIK Jayakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.67359

Keywords:

Quality of Service, Wireshark, jaringan internet, packet loss, jitter

Abstract

instansi pemerintah, termasuk Kantor FOLU di bawah Kementerian Kehutanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas jaringan internet di kantor tersebut menggunakan metode Quality of Service (QoS) dengan empat parameter utama: throughput, delay, jitter, dan packet loss. Pengumpulan data dilakukan melalui pemantauan selama tiga hari menggunakan aplikasi Wireshark. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa parameter packet loss dan delay berada dalam kategori sangat bagus sesuai standar TIPHON, dengan nilai packet loss 0% dan delay rata-rata 5,05 ms. Sementara itu, throughput rata-rata sebesar 1299,67 Kbps dikategorikan bagus. Namun, nilai jitter menunjukkan kualitas yang buruk, dengan rata-rata di atas 500 ms, yang mengindikasikan ketidakstabilan transmisi data pada jaringan. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan peningkatan infrastruktur jaringan dan manajemen lalu lintas data untuk meningkatkan stabilitas koneksi, khususnya untuk aplikasi real-time seperti video conference. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan perbaikan layanan internet bagi instansi pemerintah lainnya.

Author Biographies

Yoga Wanda Pratama, STMIK Jayakarta

Program Studi Teknik Informatika, STMIK Jayakarta

Thomas Budiman, STMIK Jayakarta

Program Studi Teknik Informatika, STMIK Jayakarta

Anton Zulkarnain Sianipar, STMIK Jayakarta

Program Studi Teknik Komputer, STMIK Jayakarta

References

[1] S. Sanjaya, “Konsep dan Implementasi Quality of Service dalam Jaringan Komputer,” Jurnal Teknik Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 12–20, 2025.

[2] A. G. Sukmandhani, “Analisis Parameter QoS: Throughput, Delay, Jitter, dan Packet Loss,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, pp. 44–49, 2020.

[3] Sameaputty, “Standar TIPHON dalam Evaluasi Jaringan Berbasis IP,” Jurnal Informatika Terapan, vol. 6, no. 2, pp. 65–70, 2023.

[4] Nurliani et al., “Analisis Kualitas pada Video Streaming Pembelajaran Menggunakan Metode Differentiated Services,” J. Artif. Intell. Softw. Eng. (J-AISE), vol. 5, no. 3, pp. 15–23, 2023.

[5] H. Hasbi and R. Saputra, “Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kantor Bukopin Menggunakan Wireshark,” J. Teknol. dan Sistem Inf., vol. 12, no. 1, pp. 33–40, 2021.

[6] R. C. E. Pantouw, “Analisis QoS Jaringan Internet terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan MOS,” Edutik J., vol. 2, no. 1, pp. 22–28, 2024.2003. [Online]. Available: http://hdl.handle.net/10919/29728.

[7] Nurliani, M. Nasir, and I. Safar, “Analisis Kualitas pada Video Streaming Pembelajaran Menggunakan Metode Differentiated Services,” J. Artif. Intell. Softw. Eng. (J-AISE), vol. 5, no. 3, pp. 15–23, 2023.

[8] R. C. E. Pantouw, “Analisis QoS Jaringan Internet terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan MOS,” Edutik J., vol. 2, no. 1, pp. 22–28, 2024.

[9] H. Hasbi and R. Saputra, “Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kantor Bukopin Menggunakan Wireshark,” J. Teknol. dan Sistem Inf., vol. 12, no. 1, pp. 33–40, 2021.

[10] A. M. Alhimni, “Analisis Kualitas Jaringan Internet Menggunakan Parameter Quality of Service di Kecamatan Bangkalan,” J. Nasional Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 45–52, 2024.

[11] L. A. Tiransri, F. Dewanta, and H. H. Nuha, “Analisis Quality of Service Modul NRF24L01 pada Sistem Stasiun Cuaca Lokal,” TELKA - J. Telekom. Elektron. Komput. dan Kontrol, vol. 11, no. 2, pp. 55–62, 2023.

[12] D. Mardiansyah, I. Sahid, and L. Fadillah, “Analisis Perbandingan Kualitas Jaringan Internet pada Jam Sibuk dan Tidak Sibuk Menggunakan Wireshark,” J. Komput. dan Aplik. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 40–46, 2023.

[13] H. Setiawan and S. Rahmatika, “Desain Monitoring Bandwidth Menggunakan Mikrotik dan Grafana,” J. Sist. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 73–80, 2024.

[14] M. Arifianto and S. Mahmud, “Urgensi Standar QoS untuk Penguatan Infrastruktur Jaringan Pemerintahan,” Proc. Seminar Nasional Teknologi dan Informatika, pp. 104–110, 2023.

[15] A. M. Anas, F. Nugroho, and D. Rahardjo, “Multi-Day QoS Monitoring untuk Evaluasi

Kinerja Jaringan Kantor Pemerintah,” J. Teknol. dan Inform., vol. 14, no. 2, pp. 88–94, 2024.

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Pratama, Y. W., Thomas Budiman, & Anton Zulkarnain Sianipar. (2025). Analisis Kualitas Jaringan Internet Menggunakan Metode Quality of Service (QoS) Pada Kantor FOLU Kementerian Kehutanan. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 10(2), 507–516. https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.67359

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.