Audit Sistem Informasi Ticketing Helpdesk Pada PT. Praweda Sarana Informatika Cilegon Menggunakan Framework COBIT 5
DOI:
https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.67916Keywords:
Audit Sistem Informasi, ticketing helpdesk, framework, COBIT 5Abstract
Perkembangan teknologi informasi (TI) yang pesat menuntut perusahaan untuk memiliki sistem layanan teknis yang efektif dalam mendukung operasional bisnis. PT. Praweda Sarana Informatika Cilegon sebagai penyedia solusi TI mengandalkan sistem ticketing helpdesk untuk menangani insiden, permintaan layanan, serta menjaga kualitas layanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan tata kelola sistem ticketing helpdesk menggunakan framework COBIT 5 dengan fokus pada domain DSS02 (Manage Service Requests and Incidents), DSS03 (Manage Problems), APO04 (Manage Innovation), dan BAI08 (Manage Knowledge). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil audit menunjukkan rata-rata capability level berada pada Level 2 (Managed Process), mengindikasikan bahwa proses telah dikelola tetapi belum sepenuhnya terdokumentasi dan di standarisasi sesuai praktik terbaik COBIT 5. Domain APO04 dan BAI08 berada pada Level 0, menandakan perlunya perbaikan signifikan pada manajemen inovasi dan pengetahuan. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis berupa integrasi SLA (Service Level Agreement), penerapan modul analisis akar masalah, pembangunan roadmap inovasi, serta implementasi knowledge base terintegrasi. Penelitian ini tidak hanya memberikan manfaat praktis bagi peningkatan efektivitas layanan helpdesk PT. Praweda Sarana Informatika Cilegon, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan literatur akademik sebagai acuan audit sistem informasi berbasis COBIT 5 di sektor TI perusahaan swasta.References
[1] R. Tarigan, I. Kusosi, and A. Usri, “Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Pada PT. Indonesia Nippon Seiki,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 11, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i1.1271.
[2] L. Masikhoh, D. Kasoni, and Subhiyanto, “Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Berbasis Web Pada Efox Tech,” vol. XIV, no. 1, pp. 17–24, 2025.
[3] A. Solechan, Audit Sistem Informasi. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.
[4] O. Purwaningrum, B. Nadhiroh, and S. Mukaromah, “Literature Review Audit Sistem Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 587–595, 2021, doi: 10.33005/jifosi.v2i3.409.
[5] F. Akbar, “Audit Sistem Informasi Dfengan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi di Fakultas Ilmu Komputer (UPN ‘Veteran’ Jawa Timur),” J. Nas. Teknol. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 100–109, 2024, doi: 10.61306/jnastek.v4i2.122.
[6] J. Setiawan Undjung, I. Mustika Hariawan, G. Lavia Riany, N. Putriani, and S. Jayanti, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Website Pada DISKOMINFOSANTIK Provinsi Kalimantan Tengah,” J. Sist. Informasi, Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 51–66, 2024, doi: 10.33020/jsimtek.v2i1.529.
[7] S. Wiraguna, L. M. F. Purwanto, and R. Rianto Widjaja, “Metode Penelitian Kualitatif di Era Transformasi Digital Qualitative Research Methods in the Era of Digital Transformation,” Arsitekta J. Arsit. dan Kota Berkelanjutan, vol. 6, no. 01, pp. 46–60, 2024, doi: 10.47970/arsitekta.v6i01.524.
[8] Dea Puspita, Damai Aulia Br Karo, Ronauli Silaban, and Noval Ramadana, “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework COBIT 5 di STMIK Kaputama Binjai,” Bridg. J. Publ. Sist. Inf. dan Telekomun., vol. 2, no. 3, pp. 33–38, 2024, doi: 10.62951/bridge.v2i3.98.
[9] B. Rafsan-Zahna Mama and M. Rowena Raguin Caguiat, “Case Study: The Assessment of Maturity Level of MSU-Maguindanao IT Governance,” Psychol. Educ. A Multidiscip. J., no. 7, pp. 932–939, 2023, doi: 10.5281/zenodo.7776129.
[10] J. Tahsinia, R. Rismawati, T. Ibrahim, and O. Arifudin, “Peran sistem informasi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan,” vol. 5, no. 7, pp. 1099–1122, 2024.
[11] Y. Liharja, A. O. Sari, and A. Satriansyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk IT Support Berbasis Website,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 157–166, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i1.4738.
[12] P. A. Pratiwi, F. Mashalani, M. Hafizhah, and A. Batrisyia, “Mengungkap Metode Observasi Yang Efektif Menurut Pra-Pengajar EFL,” Mutiara J. Penelit. dan Karya Ilm., vol. 2, no. 1, pp. 133–149, 2024.
[13] A. Sahi, “Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk Lp3I Berbasis Web Online Menggunakan Framework Codeigniter,” Tematik, vol. 7, no. 1, pp. 120–129, 2020, doi: 10.38204/tematik.v7i1.386.
[14] Q. H. Hidayah and F. Imania, “Mengukur Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Fungsi Non-Erp Solution Pt Xyz,” JIK J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 01, pp. 59–64, 2024, doi: 10.47007/komp.v9i01.8694.
[15] N. W. Rika, C. U. Meninarini, and Y. S. Ibnu, “Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Pada PT. Bank Mega Tbk,” J. Ilm. MATRIK, vol. 22, no. 2, pp. 201–207, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.