PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI DAYA DUKUNG PONDASI

suhairiani ., Nahesson H Panjaitan, Enny Keristiana Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi Daya Dukung Pondasi menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan handout dalam penerapan proses pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia video yang menggunakan prosedur penelitian 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu, tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, evaluasi uji praktis dosen pengampu dan mahasiswa, evaluasi uji keefectifan mahasiswa kepada 30 mahasiswa D3 Teknik Sipil Sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) tahap pendefinisian, menganaliasa materi daya dukung pondasi pada mata kuliah Teknik Pondasi, mengidentifikasi potensi/masalah, dan pengumpulan data (2) tahap perancangan, kegiatan studi yang dilakukan sebelum menentukan konsep desain produk awal media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 (3) tahap pengembangan, evaluasi dan dinilai oleh beberapa tim ahli, tahapan ini bertujuan untuk meneliti validasi media pembelajaran, materi program pembelajaran dan kualitas pembelajaran, tahapan yang dtempuh yaitu: validasi ahli media, validasi ahli materi, uji praktis, dan uji efectifitas. Berdasarkan validasi dari para ahli, dosen pengampu dan mahasiswa  dapat disimpulkan bahwa Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia diketahui berdasarkan validasi penilaian ahli materi, ahli media dengan skala sangat baik sehingga dinyatakan valid dan layak untuk digunakan, dan untuk uji praktis  yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pengampu  berskala baik dan dinyatakan praktis untuk digunakan serta penilaian kemampuan mahasiswa memahami suatu konsep materi dinyatakan efectif dalam pembelajaran mata kuliah Teknik Pondasi pada materi daya dukung pondasi.

 

Kata Kunci: Daya Dukung, Handout, Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Pondasi


Full Text:

PDF

References


Anderson. (1976). Jenis-jenis Media InformasidanManfaatnya.Tersediadi http://iphect.blogspot.com/2012/05/jenis-jenis-media-informasi-dan.html. Diaksespadatanggal 16 Mai 2018

Arief S. Sadiman, dkk.( 2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Batubara, Hamidun,Ir.MT. (2017) Pengembangan Potensi Abu Gunung Merapi Di Indonesia Sebagai Alternatif Bahan Stabilisator Pada Tanah Lempung Lunak Yang Efektif Dan Murah. Medan: Penelitian KDDBK.

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Eko Putro Widoyoko,S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mayer, Richard E. (2012). Cognitive Theory of Multimedia Learning. California: University of California.

Prastowo. Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikasi. Diva Press. Yogyakarta.

Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D.. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc..

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai.( 2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sumaji, dkk. (2009). Pendidikan Sains yang Humanis. Jogjakarta: Kanisius IKAPI.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v4i2%20DES.15452

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 895 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.