STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH ESTIMASI 1 PROGRAM STUDI TEKNIK EKONOMI KONSTRUKSI (STUDI KASUS: ANGKATAN 2016)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemuinya masalah dalam hal perolehan nilai mahasiswa pada matakuliah Estimasi 1. Sesuai data perolehan nilai akhir, diketahui jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai A pada semester genap 2014/2015 hanya 1 orang, semester genap 2015/2016 sebanyak 1 orang, semester genap 2016/2017 tidak ada yang memperoleh nilai A dan semester genap 2017/2018 sebanyak 2 orang. Dari data tersebut penulis memiliki kepentingan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Estimasi 1 dan seberapa besar tingkat keberhasilan belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, karena penelitian ini akan mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Estimasi 1 dan tingkat keberhasilan belajar mahasiswa (persentase) dengan responden adalah mahasiswa angkatan 2016 sebanyak 148 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Total Sampling, karena seluruh mahasiswa prodi Teknik Ekonomi Konstruksi angkatan 2016 dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan dan analisa kuesioner dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan program SPSS 20.00. Berdasarkan analisa dengan natural cut off point diperoleh hasil bahwa Faktor Metode Belajar: gaya belajar yang bervariasi (X7) menduduki posisi nomor satu (rangking 1). Sedangkan berdasarkan persentase faktor nilai persentase jumlah item yang terbentuk, Faktor Tipe Metode Belajar (X10) merupakan faktor yang paling mempengaruhi karena mempunyai nilai persentase sebesar 81.9%
Kata Kunci: Estimasi 1, Hasil Belajar Mahasiswa, Teknik Ekonomi Konstruksi
Abstract
This research is motivated by finding problems in terms of obtaining student scores in the Estimation course 1. In accordance with the final score data, it is known that the number of students who received an A in the 2014/2015 semester was only 1 person, 1 semester even 2015/2016, 1 semester 2016/2017 no one received an A grade and even semester 2017/2018 there were 2 people. From these data the authors have an interest in knowing what factors influence the low student learning outcomes in Estimation 1 course and how much the level of student learning success. This type of research is descriptive, because this study will reveal the factors that influence the low student learning outcomes in Estimation 1 subject and the level of student learning success (percentage) with respondents are 2016 class of 148 students. The sampling technique is to use Total Sampling, because all students of the 2016 Economics Construction Engineering study program are used as research samples. Questionnaire collection and analysis was carried out using Microsoft Excel and the SPSS 20.00 program. Based on the analysis with the natural cut-off point, the result is that the Learning Method Factor: varied learning styles (X7) occupies the number one position (ranking 1). While based on the percentage of factors the percentage of the number of items formed, Factor Type Learning Method (X10) is the most influential factor because it has a percentage value of 81.9%.
Keywords: Estimation 1, Construction Economics Engineering, Student learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Anggresta, Vela (2016). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Jurnal Pakar Pendidikan. Volume 14 No. 1. Pp 91-102.
Duwi Priyatno. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: PT. Buku Kita
Adjani, Sagita dan Adam, Helmy. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Artikel. Jurnal Riset Akuntasi Universitas Brawijaya. Volume 4 Nomor 1.
Sesmiwati dan Vivi Ariani (2017). “Kajian Mitigasi Keterlambatan Waktu Untuk Meningkatkan Efisiensi Proyek Konstruksi di Sumatera Barat”. Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula Ristek Dikti. Universitas Bung Hatta.
Setyowati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil BelajarSiswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Skripsi : Universitas Negeri Semarang. Semarang
Rashid, Rosli Abdul. (1996). Pengenalan Ukur Kuantiti Binaan 1. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
Seeley and Winfield. (1999). Building Quantities Explained, Fifth edition, New York: Palgrave
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
Wheeler and Clark. (1995). Building Quantities Worked Examples, Oxford: Newnes
Willis and trench. (1998). Willis’s Elements of Quantity Surveying, Ninth edition, Oxford: Blackwell Science ltd
DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v5i2%20DES.16145
Article Metrics
Abstract view : 398 timesPDF - 2580 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.