PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN

Herti N S Situmeang, Abdul . Hamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share dan strategi pembelajaran Student Team Achievment Devision dengan melihat karakteristik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 62 orang yang terdiri dari kelas X Teknik Gambar Bangunan 1 untuk perlakuan dengan Strategi Pembelajaran Student Team Achievment Devision sebanyak 32 orang dan kelas X Teknik Gambar Bangunan 2 untuk perlakuan dengan Strategi Pembelajaran Think Pair Share sebanyak 30 orang.

Sebelum penelitian ini dilakukan instrument penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biserial. Uji reliabislitas tes digunakan rumus KR-20.  Teknik pengumpulan data hasil belajar dengan menggunakan rancangan penelitian menggunakan desain Anava 2 x 2. Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas diuji dengan uji Liliefors dan homogenitas diuji dengan uji F dan uji Barlett.

Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Memahami Bahan Bangunan siswa yang diajar dengan Startegi Pembelajaran Think pair Share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Student Team Achievment Devision dengan ditunjukkan Fhitung = 23.98 > Ftabel = 4.01 pada taraf signifikansi α = 0.05. (2) sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan ditunjukkan Fhitung = 7.44 > Ftabel = 4.01. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Memahami bahan Bangunan, hal ini ditunjukkan diperolehnya Fhitung = 69.38 > Ftabel = 4.01 pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah,  Keaktifan, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v1i1.2801

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.